Tinjau BPJS Kesehatan, Netty Pastikan Pelayanan JKN-KIS Lancar

Tinjau BPJS Kesehatan, Netty Pastikan Pelayanan JKN-KIS Lancar

RAKYATCIREBON.IDAnggota Komisi IX DPR RI, Hj Netty Prasetiyani melakukan kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Cirebon. Kunjungan tersebut dilakukan untuk meninjau layanan yang diberikan bagi peserta JKN-KIS ditengah Pandemi Covid-19.

\"Ada kebiasaan baru yang harus dilakukan sejak adanya Pandemi Covid-19. Petugas keamanan memeriksa dan mengecek suhu tubuh, juga memberikan cairan pencuci tangan. Ini upaya yang sangat baik yang dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Covid-19,\" demikian disampaikan Netty Prasetiyani usai berbincang dengan pihak BPJS Kesehatan.

Dijelaskan Netty, layanan kesehatan di fasilitas kesehatan semestinya memiliki porsi yang paling sedikit, dan prilaku sehari-hari dari masyarakatlah yang seharusnya berperan lebih banyak. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan harus terus mengupayakan edukasi kepada masyarakat untuk dapat menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya.

Setelah itu, kata Netty, pemerintah daerah juga memiliki peran penting dalam menjamin masyarakat yang tidak mampu dengan cara mendaftarkan penduduknya sebagai Peserta JKN-KIS segmen Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), serta memastikan kesiapan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan di daerah masing-masing.

\"Tidak dipungkiri bahwa masyarakat menerima manfaat yang sangat besar dari keberadaan BPJS Kesehatan. Oleh karenanya BPJS Kesehatan memiliki peran yang penting disini,\" ujar Netty.

Ditambahkan Netty, ia juga mendorong BPJS Kesehatan untuk dapat meningkatkan dan memberikanpelayanan terbaik kepada masyarakat, karena kesehatan merupakan hak dasar yang harus didapatkan oleh masyarakat.

\"Insya Allah ini menjadi momentum bagi kita untuk terus dapat meningkatkan dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, maka untuk mewujudkan Indonesia sehat dibutuhkan suatu kolaborasi optimal antara pemerintah, masyarakat dan sistem kesehatan, terutama dalam penanganan pandemi ini,\" kata Netty.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Budi Setiawan menambahkan, dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan tidak mungkin menjalankannya sendiri, sehingga diperlukan dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak untuk mewujudkan tujuan yang diamanatkan oleh konstitusi.

\"Sesuai dengan masukan yang diberikan, kita akan secara terus-menerus meningkatkan penyampaian informasi pada masyarakat akan adanya kanal layanan lain yang dapat digunakan untuk memperoleh layanan kepesertaan, disamping tentu saja informasi yang terkait promosi kesehatan,\" tambah Budi. (sep)

Sumber: