Jaga Ketahanan Pangan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

Jaga Ketahanan Pangan  Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

RAKYATCIREBON.ID – Ramadan di tengah pandemi Covid-19 dirasakan berbeda dibanding ramadan tahun-tahun sebelumnya. Di mana aktivitas masyarakat dibatasi guna mencegah sebaran corona virus disease.

Menyadari situasi sulit yang sedang dihadapi masyarakat, Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Dr Ir HE Herman Khaeron MSi dalam resesnya di Desa Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang, Kamis (21/5) membagikan paket sembako untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat terdampak Covid-19.

Pembagian sembako dilakukan terpusat di rumah anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Heriyanto. Hal tersebut guna mengedepankan protokol kesehatan saat beraktivitas serta menghindari terjadinya kerumunan.

“Saya sedang melaksanakan reses dan tentu di bulan puasa ini dan suasana Covid-19, kami mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Menjaga jarak pakai masker dan tadi acara kita juga batasi,” ungkap Herman.

Pihaknya sudah mempersiapkan 13 ribu paket sembako yang akan disalurkan secara bertahap. Herman berharap, sembako ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 sekaligus bekal persiapan jelang hari raya Idul Fitri.

“Oleh karenanya saya juga hadir disini membagikan sembako kepada masyarakat agar mereka bisa menikmati kehidupannya di tengah-tengah bulan puasa ini. Apalagi sudah dekat menjelang Idul Fitri,” jelas dia.

Dalam resesnya, selain menyerap aspirasi warga Herman juga lebih banyak melakukan sosialisasi terkait Covid-19. Menurutnya, menjalankan protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah adalah langkah penting. Oleh karena itu, Herman pun sudah mendistribusikan 10 ribu masker dari total 30 ribu yang akan diproduksi.

“Kami sosialisasikan dalam situasi Covid-19 ini apa yang harus kita lakukan saya sosialisasikan. Dan juga kami memberikan bantuan kepada rumah sakit dan puskesmas untuk APD, hand sanitizer, masker dan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19,” ujar dia.

Salah satu warga penerima bantuan sembako, Nurkholis Majid mengaku terbantu. Menurutnya, sudah seharusnya pejabat pemerintahan hadir di tengah kesulitan masyarakat.

“Kehadiran seorang pejabat pemerintahan dalam hal ini anggota dewan, Bapak Herman Khaeron ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa beliau mau melakukan sosialisasi ke tingkat daerah dan memberikan sumbangan,” kata dia. (rls)

Sumber: