Baznas Indramayu Dapat Penghargaan, Kecamatan Bongas ‘Kecamatan Sadar Zakat’

Baznas Indramayu Dapat Penghargaan, Kecamatan Bongas ‘Kecamatan Sadar Zakat’

RAKYATCIREBON.ID-Pertumbuhan Penghimpunan zakat, infak, dan sadaqah (ZIS) yang dikelola oleh Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Indramayu setiap tahun jumlahnya terus mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap lembaga itu semakin tinggi karena menerapkan prinsip-prinsip pendayagunaan yang semakin baik.

Atas upaya kerja keras dan kesungguhan semua pihak terhadap penghimpunan zakat di Kabupaten Indramayu. Pengurus Baznas Indramayu mendapatkan apresiasi berupa Baznas Jabar Award 2019 yang diserahkan Ketua Baznas Jawa Barat  KH. Arif Ramdani, Senin (02/12/2019), di Gedung Serbaguna Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung.

Ketua Baznas Kabupaten Indramayu, Moh. Mudor menjelaskan, perolehan ZIS (di luar zakat fitrah) Baznas Kabupaten Indramayu pada 2018 lalu mencapai Rp9.683.587.792,45.

Jumlah ini diharapkan akan terus meningkat di 2019, yang ditargetkan berada di angka Rp11.127.000.000. Menurut dia, dengan jumlah tersebut diharapkan perolehan sampai dengan akhir Desember 2019 bisa mencapai Rp12 miliar dan hal ini berarti melampaui target perolehan yang telah ditentukan dalam RKAT 2019.

Mudor menambahkan, berbagai upaya terus dilakukan agar penghimpunan zakat di Kabupaten Indramayu mengalami peningkatan. Salah satu yang kini terus dimaksimalkan yakni zakat maal dan infak 2.000 dari masyarakat dan pengoptimalan ZIS dari aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Indramayu.

Bahkan Baznas Indramayu terus melakukan sosialisasi dan assesment sebagai desa sasar zakat ke desa/kelurahan se-Kabupaten Indramayu.

\"Alhamdulillah sampai saat ini sudah 25 desa yang tersosialisasi dan siap menjadi desa sadar zakat dan melakukan gerakan pengumpulan zakat. Selain itu telah menetapkan Kecamatan Bongas sebagai Kecamatan sadar zakat,\" kata Mudor.

Selanjutnya sebagai upaya untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan dan pendayagunaannya, Baznas Indramayu telah melakukan audit dari kantor akuntan publik dan hasilnya di 2018 lalu berhasil meraih predikat WTP.

\"Kita berharap untuk audit tahun 2019 ini hasilnya juga WTP. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari Allah SWT,\" katanya. (rls))

Sumber: