Paguyuban Abdi Dalem Bawa Hasil Bumi ke Keraton Kasepuhan

Paguyuban Abdi Dalem Bawa Hasil Bumi ke Keraton Kasepuhan

LEMAHWUNGKUK - Selain menerima kunjungan dari masyarakat biasa maupun pejabat, momen open house keraton Kasepuhan juga menerima kunjungan dari rombongan Paguyuban Tim Kerja Para Pengabdi Keraton Kasepuhan dari Kesinangan, desa Pasindangan Kabupaten Cirebon.
\"keraton
Open House keraton Kasepuhan. Foto: Kim/Rakyat Cirebon
Rombongan paguyuban berangkat menuju keraton dari kediaman Juru Kunci Kesinangan hanya berjalan kaki menuju keraton Kasepuhan.

Perjalanan menuju keraton, rombongan juga membawa beragam hasil bumi yang diarak dengan iring-iringan Pedati Nyai Gedheng Tangkil yang kemudian diserahkan ke Keraton Kasepuhan. 

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat SE, mengungkapkan, dalam momen Open House yang dilakukan rutin setiap tahun dalam perayaan Idul Fitri. 

Selain menjaga tali silaturrahmi, juga Sultan mengajak masyarakat untuk menjaga tradisi dengan melestarikannya. Dan dengan adanya arak-arakan dari Paguyuban Tim Kerja Para Pengabdi Keraton Kasepuhan dari Kesinangan, merupakan salah satu bentuk pelestarian tradisi yang dilakukan dalam momen silaturrahmi. \"Intinya semua dilakukan untuk melestarikan tradisi,\" kata dia.

Sultan juga, berpesan agar menjaga silaturrahmi antar masyarakat, khususnya masyakat Cirebon. Serta bersama-sama menjaga dan melestarikan tradisi. 

\"Karena Cirebon punya Keraton Kasepuhan yang sampai saat ini masih terjaga, untuk itu, mari lestarikan tradisi ini, karena siapa lagi kalau bukan masyarakat Cirebon sendiri yang melestarikannya,\" kata Sultan.

Dan dalam momen tersebut, tak heran jika menjadi perhatian ribuan warga yang menghadiri dan berkunjung ke Keraton Kasepuhan dalam kegiatan yang bisa dikatakan sebagai acara pelestarian tradisi dalam momen silaturrahmi Idul Fitri.

Warga yang hadir, menyambut baik dan mengaku sangat mengapresiasi adanya kegiatan Open House yang di dalamnya terdapat unsur pelestarian tradisi tersenut. 

Salah seorang warga atau pengunjung, Iman Baehaqi (43), setiap tahun, dirinya mengaku selalu berkunjung ke Keraton Kasepuhan untuk mengikuti Open House yang dilakukan pihak Keraton Kasepuhan. Dan tahun ini, dirinya mengaku sangat mengapresiasi adanya penerimaan kunjungan dari rombongan Paguyuban. 

\"Ini jadi pemandangan berbeda. Setiap tahun saya ke sini. Dan adanya penerimaan kunjungan rombongan Paguyuban, jadi tontonan menarik yang juga sekaligus jadi edukasi untuk soal pelestarian tradisi,\" kata dia. (kim)

Sumber: