PDAM Tirta Jati Jamin Ketersediaan Air Bersih

PDAM Tirta Jati Jamin Ketersediaan Air Bersih

SUMBER – Jelang Idul Fitri 1438 H PDAM Tirta Jati Kabupaten Cirebon menjamin ketersediaan air bersih. Bahkan PDAM Tirta Jati Kabupaten Cirebon memastikan kebutuhan air menjelang dan sesudah Idul Fitri aman. 
\"pdam
Direktur PDAM Tirta Jati Suharyadi (kiri). dok. Rakyat Cirebon
Artinya, masyarakat tidak kesulitan untuk memanfaatkan air bersih. Sebab, total kapasitas air untuk memenuhi konsumen di wilayah Kabupaten Cirebon PDAM Tirta Jati, 800 liter per detik.

Direktur PDAM Tirta Jati Kabupaten Cirebon Suharyadi SE MH mengatakan, kebutuhan air menjelang hari raya idul fitri meningkat dibandingkan hari-hari biasanya. Meski demikian, dari 35ribu pelanggan PDAM tidak usah panik. Sebab, pihaknya sudah mengantisipasi sebelumnya. 

“Kami melakukan antisipasi agar tidak terjadi kebocoran yang akan mengganggu distribusi air. Kemudian kami juga maksimalkan pelayanan PDAM di 8 cabang,” tuturnya pada Rakcer, Kamis (22/6).

Bahkan, lanjutnya,  PDAM sudah memasang jaringan distribusi air bersih dan jaringan retikulasi menuju dua Desa yakni Desa Kepompongan dan Desa Kecomberan.

“Tambahan jaringan distribusi utama ini mulai dari Arumsari sampai Mountoya. Walaupun dua desa itu berada di perbatasan Kota/Kabupaten Cirebon, saat musim kemarau, penduduk disana kesulitan mendapatkan air bersih,” terangnya. Minimalnya, kata Suharyadi, penambahan jaringan distribusi utama air bersih ini 400 sampai 500 pelanggan PDAM. 

“Kami harap, pemukiman warga yang wilayahnya terlewati jalur pipa PDAM Tirta Jati dapat memasang jaringan air bersih dengan datang ke kantor cabang,” paparnya.

Dia mengungkapkan, kerjasama tambahan debit air itu dengan PDAM Kabupaten Kuningan di jaringan pipa PDAM yang ada di Kecamatan beber.

Awalnya, debit air yang ada di Beber itu 25 liter perdetik. Namun, ada tambahan 20 liter perdetik lagi setelah kerjasama dengan Kabupaten Kuningan.

“Jadi totalnya ada 45 liter perdetik. Dari total itu, kami mengembangkan jaringan PDAM ke Kecamatan Talun untuk dua Desa, dengan debit air 20 liter perdetik,” paparnya.  
Dia menambahkan, guna memberikan pelayanan kepada pelanggaran PDAM, pihaknya terus menggali potensi – potensi air yang ada di Kabupaten Cirebon. (ari)

Sumber: