Masjid Al Jin, Saksi Turunnya Surat Al Jin

Masjid Al Jin, Saksi Turunnya Surat Al Jin

ARAB Saudi merupakan pusat penyebaran Islam khususnya di zaman nabi,  hingga para Sahabat Rasulullah SAW. Hampir setiap daerah khususnya yang ada di Mekah maupun Madinah mempunyai sejarah atau menjadi saksi langsung penyebaran Islam oleh Nabi Muhammad SAW. 

\"masjid
Masjid Al Jin setelah direnovasi. Foto: Deny/Radar Cirebon
Dengan jarak 1 km dari Masjidil Haram, Mekkah kita bisa menemukan sebuah masjid yang bernama Masjid Al Jin. Masjid Al Jin ini memang terkesan seperti bangunan masjid pada umumnya. Namun siapa sangka, masjid yang dibangun sebelum Rasulullah Hijrah ini, mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi.

Karena Masjid Al Jin ini merupakan saksi bisu rombongan Jin yang berbaiat kepada Rasulullah SAW. Selain itu juga rombongan jin bersyahadat dan masuk agama Islam. Sejak saat itu pula rombongan jin tersebut menyebarkan ajaran Islam kepada jin-jin yang lain.

Di masjid ini pula Allah menurunkan wahyu kepada Rasulullah berupa Surat Al Jin. Atas dua peristiwa besar itu  kini Masjid Al Jin banyak dikunjungi oleh umat muslim dari seluruh dunia. 

Pembimbing ibadah umrah kami, Ustadz Jaenudin kepada Radar Cirebon mengatakan, Masjid Al Jin ini didirikan Rasulullah sebelum Hijrah ke Madinah. 

\"Dulunya masjid ini bernama Masjid Arroyan. Lalu karena ada rombongan Jin yang berbaiat kepada Rasulullah, maka oleh Tabi\'i dan Tabi\'in kemudian memanggil masjid ini dengan panggilan Masjid Al Jin hingga saat ini,\" ujarnya.

Jaenudin menjelaskan peristiwa Jin berbaiat kepada Rasulullah SAW. \"Ketika malam hari, Rasulullah tengah berada di dalam Masjid Al Jin, dan sedang membaca Al Qur\'an. Ketika itu pula ada segerombolan jin lewat, dan ternyata gerombolan jin itu terpukau dengan lantunan ayat suci Alquran yang dibaca oleh Rasulullah SAW,\" terangnya.

Jaenudin menuturkan rombongan Jin tersebut berhenti di Masjid tersebut. \"Karena tersentuh oleh lantunan ayat suci Alquran kemudian rombongan jin tersebut berhenti dan berdiskusi dengan Rasulullah SAW. Rasulullah buktikan sebagai utusan Allah kepada para jin tersebut, dengan menerangkan kayu-kayu pohon untuk menjadikan cikal bakal masjid Sajaroh yang letaknya dekat dengan Masjid Al Jin,\" tuturnya.

Setelah itu rombongan jin tersebut sangat meyakini bahwa Rasulullah memang merupakan utusan Allah SWT. \"Sejak saat itulah rombongan jin tersebut mengakui Nabi Muhammad sebagai utusan Allah, serta berbaiat kepada Rasulullah dan menyatakan masuk Islam,\" ujarnya.

Mulai saat itu rombongan jin tersebut mulai masuk Islam. \"Rombongan jin tersebut mulai menyebarkan agama Islam di kalangan bangsa jin. Sehingga banyak juga jin yang beragama muslim,\"ujarnya.

Menurut Jaenudin,  di Masjid Al Jin juga turunlah wahyu Allah SWT yaitu surat Al Jin. \"Setelah rombongan jin tadi berbaiat kepada Rasulullah dan masuk Islam, maka Allah SWT menurunkan wahyu kepada Rasulullah berupa Surat Al Jin,\" ujarnya.(deny hamdani)

Sumber: