Colenak Saus Es Krim, Menu Alternatif Takjil

Colenak Saus Es Krim, Menu Alternatif Takjil

KESAMBI –  Bosan menyantap colenak yang itu – itu saja? Tidak ada salahnya datang ke Swiss Cafe Swiss-Belhotel Cirebon. Mei ini, Swiss Cafe mengeluarkan menu colenak kinca sauce with ice cream yang pasti beda dengan colenak pada umumnya.
\"menu
Colenak Saus Es Krim. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Apalagi, kurang dua pekan lagi Ramadan segera datang.  Menu-menu buka puasa yang manis-masing sangat dianjurkan.  Colenak kinca sauce with ice cream bisa menjadi alternatif takjil, yang cocok di lidah masyarakat Cirebon.

Menu yang terbuat dari tapai singkong  panggan itu bercita rasa gurih dan legit. Chef Suleman menjelaskan cara pembuatanya. Pertama, tape singkong yang setengah matang dihancurkan kemudian dibentuk bulat pipih. Setelah itu dipanggang sampai harum.

Hidangkan di atas mangkuk  kemudian diberi toping  es krim. Tidak ketinggalan gula merah cair (kinca, red) dituangkan di atasnya sebagai pemanis. Cita rasa  manis legit langsung keluar dari colenak kinca sauce with ice cream.

“Saya menggunakan tape yang tidak terlalu matang supaya bisa dibentuk. Kemudian dihancurkan dibuat bulat dan dipanggang dulu sebentar.  Tuang di atasnya es krim dan gula merah cair,” ungkap Suleman.

Sebagai pemanis, kata dia, potongan strawberry dan sehelai daun pandan diletakan di atas gunungan es krim sebagai garnis. “Menu spesial colenak kinca sauce with ice cream ini bisa dinikmati dengan harga Rp35 ribu saja,” imbuhnya. (wan)

Sumber: