Tingalkan Pasar Online, Pelaku UKM Sulit Berkembang

Tingalkan Pasar Online, Pelaku UKM Sulit Berkembang

KESAMBI -  Sedikitnya 24 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Cirebon dikenalkan pada sistem pemasaran online  (e-commerce) dalam kegiatan   peningkatan kapasitas SDM usaha kecil di Hotel Batiqa, Kota Cirebon (16/5).
\"usaha
Pelatihan UKM. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Kegiatan yang diprakarsai oleh Kementrian Koperasi,  Usaha Kecil dan  Menengah serta Balai Pelatihan Perkoperasian  Wirausaha  Jawa Barat  Dinas Koperasi, Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat  itu dilaksanakan selama tiga hari.

Peserta yang merupakan pelaku UKM di Kota Cirebon diberikan  pelatihan  keterampilan memasarkan produk melalui internet. 

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi,  Usaha Kecil dan Menengah   Kota Cirebon,  Ir Yati Rohayati menjelaskan, diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) membuat peluang usaha   berbasis internet terbukan lebar.

Sebaliknya, pelaku UKM  yang enggan melakukan pemasaran melalui internet akan sulit berkembang. Pasalnya, internet melalui media sosial dan jejaring sosial merupakan sarana promosi efektif bagi  produk UKM.

“Sekarangkan sudah zamannya era  globlisasai, kalau fisik kan banyak  kendalanya, kalau letaknya kurang strategiskan akan susah. Kalau ingin strategis juga  harus mengeluarkan  biaya yang mahal,” ungkap Yati kepada Rakyat Cirebon di sela kegiatan.

  Menurutnya, pengembangan e-commerce  sangat cocok diarahkan kepada pelaku UKM. Lebih  lagi, saat ini Kota Cirebon sudah menjadi daerah tujuan investasi yang menjanjikan. Banyak dari investor melirik usaha di sektor kecil dan menengah.

“Kami memberikan berbagai macam pembinaan, pelatihan dan mengembangkan produknya dengan mengikutsertakan pameran.  Harapannya pelaku UKM di Kota Cirebon ini tidak kalah dengan investor dari luar daerah,” sambungnya.

Senada,  Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelatihan Balai Pelatihan Perkoperasian Wirausaha  Jawa Barat Dinas Koperasi Usaha Kecil  Jawa Barat, Heti Susilawati SE MM menjelaskan,  pengembangan pemasaran melalui online bagi pelaku UKM tergolong penting.

“Mereka selama ini mungkin bisa meningkatkan produk mereka. Latihannya ada beberapa jenis, ada kegiatan substantif di daerah mereka perlu pengembangan pengemasan, kita akan lakukan pengemasan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut disambut oleh sebagian peserta. Ima misalnya. Perempuan yang punya  usaha kue itu mengaku  pelatihan semacam itu perlu dilakukan. Pasalnya, karena mayoritas ibu rumah tangga, banyak pelaku UKM belum paham pemasaran online untuk mengenalkan produknya. (wan)

Sumber: