Sehari, Muara Jaya Dikunjungi Seratus Wisatawan

Sehari, Muara Jaya Dikunjungi Seratus Wisatawan

ARGAPURA - Objek wisata air terjun Muara Jaya di kecamatan Argapura mengalami peningkatan pengunjung lokal. Meski saat ini ada banyak pilihan tempat wisata yang akan dikunjungi warga. Air terjun Apuy (nama lain dari curug Muara Jaya) yang tadinya sempat kehilangan setengah pengunjungnya pada saat musim liburan, kini kembali membludak.
\"air
Air terjun Muara Jaya. Foto: Herik/Rakyat Cirebon
Apalagi di lokasi Panyaweuyan yang mendunia itu, rata-rata pengunjung yang sudah puas menikmati Terasering Panyaweuyan, pulangnya menyempatkan berkunjung ke air terjun Muara Jaya, atau sebelum ke Panyaweuyan singgah ke air terjun terlebih dahulu.

Hal ini salah satunya diungkapkan petugas karcis setempat, Ade (39). Ia mengatakan, saat ini karena momen liburan, pengunjung objek wisata  yang datang ke curug Muara Jaya mengalami peningkatan. Pihaknya tetap optimistis karena masih ada saja pengunjung setia yang selalu hadir setiap pekannya.

\"Kalau bukan hari libur, akhir pekan saja hanya di kisaran 40-50 orang pada Sabtu dan Minggu. Kini karena liburan sudah bisa mencapai 100 orang lebih. Lokasi saat ini sudah lebih baik, penataan sudah oke,\" ujar Ade, Jumat (14/4)).

Ia mengatakan, adanya terasering Panyaweuyan membuat pengunjung yang datang ke Curug Muara Jaya datang lebih pagi atau lebih siang. Pihaknya juga akan semakin tertantang untuk memperbaiki semua kekurangan yang ada di sekitar objek wisata.

\"Adanya banyak potensi wisata Majalengka tentu harus disambut baik. Kami di sini punya ciri khas yang tidak ada di terasering Panyaweuyan. Yakni air terjun terbesar dan terpanjang di Ciayumajakuning. Bahkan, di Kuningan pun tidak ada curug sebesar ini,\" ungkapnya.

Pemilik salah satu warung kopi di area curug, Inah (24) juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya terasering Panyaweuyan memang sangat indah. Namun, tidak ada unsur air alami yang mengalir di sana. Karena wisata tersebut hanya sekedar memanjakan mata.

\"Artinya, terasering Panyaweuyan hanya cocok bagi mereka untuk duduk-duduk saja, beda dengan curug Apuy, ada unsur jalan kaki, olahraga yang bersifat adventure,\" tandasnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Ahmad mengatakan, curug (air terjun, red) Apuy merupakan satu-satunya curug dengan kondisi air terjun yang sangat besar. Pihaknya sering datang ke sejumlah curug yang ada di Kuningan, namun Curug Muara Jaya menurutnya adalah yang paling besar.

\"Ini sangat bagus, airnya besar, kondisinya juga sudah lebih tertata. Soal pengunjung yang menurun hal itu hanya kondisi cuaca saja,” ujarnya. 

Ia mengatakan, kalau musim hujan memang cukup rawan. Ia dan teman-teman juga tidak terlalu memaksakan. Jika kondisi akan hujan, lebih baik mengurungkan niatnya ke lokasi air terjun. “Karena, harus turun ke bawah lagi, dan turunannya itu cukup curam,\" imbuhnya. (hrd)

Sumber: