Ribuan PNS dan Anggota Dewan Telat Gajian

Ribuan PNS dan Anggota Dewan Telat Gajian

Imbas dari Perubahan SOTK, Baru Hari Ini Bisa Gajian

KEJAKSAN – Perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) berimbas pada beberapa hal dalam sistem birokrasi di lingkungan Pemerintah Kota Cirebon.
\"Maman
Maman Sukirman. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon

Tak terkecuali dengan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pembiayaan lainnya.

Kemarin, ribuan PNS di lingkungan Pemkot Cirebon dan 35 anggota DPRD Kota Cirebon terpaksa gigit jari, lantaran tak bisa mengambil gaji yang setiap bulan bisa dinikmati.

Padahal, pencairan gaji biasanya dilakukan di awal bulan ketika hari kerja. Kondisi itu sontak menjadi bahan perbincangan para pegawai di lingkungan pemkot maupun anggota DPRD Kota Cirebon.

Alih-alih akan mendapatkan gaji di awal bulan Januari ini, tapi ternyata tak bisa dicairkan.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan ponselnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs Asep Dedi MSi mengakui, pada Rabu (4/1), pencairan gaji bagi semua pegawai di lingkungan Pemkot Cirebon hingga anggota dewan tak bisa dilakukan.

“Memang hari ini (kemarin, red) belum bisa gajian. Disebabkan setelah libur panjang, kemudian ada perubahan struktur kelembagaan. Apalagi baru hari ini masuk kerja,” ungkap Asep Dedi.

Ditambahkan Asep Dedi, setelah dilakukan perubahan SOTK secara menyeluruh dengan ditandai pelantikan terhadap 738 pegawai eselon II-IV, maka harus dilakukan penyesuaian data kepegawaian dengan data keuangan di Badan Keuangan Daerah (BKD).

“Data kepegawaian juga perlu diperbaharui dan harus dicocokkan dengan data di keuangan daerah. Karena banyak sekali pegawai yang berpindah jabatan, begitu juga ada SKPD baru. Itu semua harus dicocokkan datanya,” jelas dia.

Akan tetapi, Asep Dedi menyampaikan, pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan mempercepat proses sinkronisasi data kepegawaian dengan data di bagian keuangan daerah.

“Tapi kita sudah antisipasi, dan besok (hari ini, red) insya Allah sudah bisa gajian semuanya,” katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon, H Maman Sukirman SE MM. Saat ditemui di ruang kerjanya, Maman mengaku, pihaknya sejak setelah mutasi, rotasi, dan promosi pegawai dilaksanakan, langsung bekerja keras untuk melakukan sinkronisasi data kepegawaian kaitannya dengan keuangan daerah.

“Tapi sekarang (kemarin, red) sudah diproses ke bank, Insya Allah besok (hari ini, red) cair. Termasuk sertifikasi guru juga cair. Dari tanggal 29 Desember sampai tanggal 1 Januari kita kerja keras menyusun sistem penggajian dengan menyesuaikan jabatan baru,” katanya. (jri)
      

Sumber: