Prokesmas Kesunean Bantu Tingkatkan Mutu Kesehatan

Prokesmas Kesunean Bantu Tingkatkan Mutu Kesehatan

LEMAHWUNGKUK – Setelah dilantik beberapa waktu lalu, Promotor Kesehatan Masyarakat (Prokemas) di Puskesmas Kesunean, Kelurahan Kasepuhan Kota Cirebon mulai melakukan tugas dan memperlihatkan hasil.
\"Promotor
Promotor kesehatan kelurahan dilantik. dok. Rakyat Cirebon

Launching Prokesmas ini merupakan langkah baru yang dilakukan pihak puskesmas untuk meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat.

Sebagaimana tujuan awal dibentuknya promotor tersebut, mereka yang terdiri dari para ketua RW di Kelurahan Kasepuhan telah berhasil membantu tugas puskesmas untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan kepada masyarakat.

\"Dari sembilan RW yang ada di Kelurahan Kasepuhan, masing-masing RW memiliki promotor kesehatan yang mana itu adalah ketua RW nya sendiri,\" ungkap kepala Puskesmas Kesunean, dr Junny Setyawati M KM saat dikonfirmasi wartawan koran ini.

Dengan adanya Prokemas, pihaknya diakui dr Junny merasa terbantu dalam hal pemberian penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Sehingga diharapkan antusiasme masyarakat terhadap kesadaran pentingnya kesehatan bisa meningkat.

\"Prokesa ini tokohnya kan para RW, jadi kalau para RW yang memberikan pengetahuan kesehatan, diharapkan masyarakat lebih antusias lagi, itu kan tujuan utamanya,\" lanjut dia.

Sebagaimana diberitakan rakcer sebelumnya, Puskesmas Kesunean melaunching program Promotor Kesehatan Masyarakat (Prokemas) untuk di wilayah kerjanya.

Para Promotor kesehatan di  Kelurahan Kasepuhan dilantik langsung oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cirebon pada momentum peringatan hari kesehatan nasional beberapa waktu lalu.

Masih dikatakan dr Junny, dari tahun ke tahun ia mengupayakan ada hal dan prestasi baru yang dicanangkan oleh pihaknya.

Untuk Prokesa ini, memang untuk di Kota Cirebon hanya baru dibentuk di puskesmas Kesunean saja, itu dirasakan dr Junny memberikankebanggaan tersendiri baginya selaku kepala puskesmas.

Tidak akan hanya puas sampai disitu, ia pun mengaku telah merencanakan beberapa program baru guna lebih meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

\"Di akhir tahun ini kita lakukan evaluasi, bagaimana kedepan kita akan melakukan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, tentunya harus ada peningkatan,\" katanya. (sep)

Sumber: