KOCI Wadah Silaturahmi Warga Cirebon

KOCI Wadah Silaturahmi Warga Cirebon

Punya Visi Intens Sambung Tali Silahturahmi 

CIREBON - Silaturahmi merupakan salah satu ibadah dan sumber amalan yang mendatangkan rizki.
\"komunitas
Komunitas Orang Cirebon. Foto: Ist./Rakyat Cirebon

Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk mewadahi agar tali silahturahmi yang ada tetap terjaga, salah satunya membentuk komunitas.

Masyarakat Cirebon dan sekitarnya, memilih untuk membentuk Komunitas Orang Cirebon (KOCI) sebagai wadah untuk menyambung tali silahturahmi antar masyarakat Cirebon.

Dijelaskan Oleh Humas KOCi, Dede Kurniawan, bahwa sejarah KOCI mulanya dibentuk di media sosial, facebook.

\"Landasannya dibentuk itu ingin menyambung tali silaturahmi antara sesama, masyarakat Cirebon,\" kata Dede, Jumat (5/8).

Seiring dengan terus bertambahnya antusias anggota atau sedulur KOCI di grup facebook, kopi Darat (kopdar) pun intens dilakukan bagi para sedulur KOCI.

Dede menceritakan, kopdar pertama dan untuk pertama kalinya bendera KOCI dikibarkan dengan semangat yang meluap-luap para sedulur untuk bersliahturahmi terjadi pada 2011 silam.

\"Awalnya memang di medsos, tapi, KOCI ini tentu bukan hanya khusus orang Cirebon saja, KOCI juga terbuka bagi orang sekitar Cirebon atau Wilayah III Cirebon, bisa juga orang Cirebon yang berada di luar kota,\" ungkapnya.

Tak hanya sekedar kopda belaka. Dijelaskan Dede, KOCI juga memiliki segudang kegiatan yang berlandaskan pada saling mencintai dan berbagai dengan sesamanya.

Seperti kegiatan-kegiatan sosial. \"Kita rutin menggelar kegiatan donor darah, sumbangan ke sejumlah panti asuhan atau yayasan. Sumbangan yang kita berikan pun murni swadaya dari sedulur KOCI, seperti pakaian bekas, buku bekas, dan sejumlah uang dengan secara sukarela,\" akunya.

Tak hanya itu, menurut pria yang murah senyum itu, saat lebaran lalu, KOCI membuka posko mudik dan halalbihalal. Hal itu menunjukan bahwa KOCI menjujung tinggi nilai-nilai sosial dan rasa persaudaraan.

Seiring dengan terus bertambahnya antusias anggota atau sedulur KOCI di grup facebook, kopi Darat (kopdar) pun intens dilakukan bagi para sedulur KOCI. (man)

Sumber: