Warga RW 01 Kecapi Minta Wifi Gratis ke Ketua DPRD

Warga RW 01 Kecapi Minta Wifi Gratis ke Ketua DPRD

Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana saat mendengarkan aspirasi masyarakat di RW 01 Kecapi.--

HARJAMUKTI - Tidak terkecuali, ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana melaksanakan tugasnya menyerap aspirasi masyarakat. Legislator Partai Gerindra dari Dapil II Harjamukti tersebut mendengarkan aspirasi yang disampaikan oleh konstituennya di RW 01 Kecapi, Kelurahan Kecapi, Harjamukti, Kamis (17/11).

Warga RW 01 Kecapi, Heni, menyampaikan aspirasinya, ia meminta kepada Ketua DPRD untuk memperbanyak titik-titik wifi gratis untuk masyarakat, karena saat ini, kuota internet menjadi sebuah kebutuhan yang penting, terlebih setelah pendidikan menerapkan sistem pembelajaran online.

"Saya minta wifi gratis pak ketua, minta kuota gratis untuk masyarakat, itu penting untuk masyarakat," ungkap Heni.

Selain soal wifi, warga di RW 01 Kecapi juga menyampaikan aspirasi mengenai pengaspalan di daerah tanggul, mengenai masih banyaknya warga yang tidak terakomodir pendataan penerima bansos seperti PKH, hingga pengadaan penerangan jalan umum (PJU), padahal pengadaan PJU sudah diajukan sejak lama, bahkan lokasi yang diajukan untuk pemasangan sudah pernah disurvey.

BACA JUGA:Dengarkan Aspirasi Konstituen, Fitria Diminta Lanjutkan Pembangunan

Sementara itu, menanggapi berbagai aspirasi yang didengarnya, Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana mengatakan, untuk persoalan penyediaan wifi gratis, sebetulnya beberapa waktu lalu Pemerintah Kota Cirebon sudah menjalankan pemasangan fasilitaa wifi gratis, yang memang dikonsentrasikan di baperkam-baperkam RW.

"Pemda sudah lakukan untuk di Baperkam, tahun-tahun lalu," ungkap Ruri.

Namun, kata dia, jika yang diminta adalah perluasan pemasangan fasilitas wifi gratis, saat ini DPRD sedang membahas dua raperda yang bisa menjadi cantolan dari program pemasangan wifi gratis.

Pertama, pansus di DPRD sedang membahas Raperda tentang Cirebon Satu Data, dan Raperda tentang Penyelenggaraan Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian.

BACA JUGA:Turun Reses, Endah Arisyanasakanti Dapat Aspirasi Soal Bawal dan Kesejahteraan Guru PAI

"Itu sedang digodog Pansus, didalamnya ada program wifi gratis, untuk di Baperkam ataupun salahsatu titik berkumpul warga, nanti akan saya tinjau draft nya supaya diakomodir," kata Ruri.

Ditambahkan Ruri, untuk keinginan pengaspalan, ia meminta pihak RW untuk mengumpulkan data secara detail dari titik perbaikan yang diinginkan, sehingga itu bisa dimasukan dalam perencanaan melalui mekanisme input di Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

"Saya ingin data lokasi dan kebutuhan dan estimasi, nanti kita akan masukan, termasuk untuk PJU, nanti akan kita dorong ke Dishub," imbuh Ruri. (sep)

Sumber: