5 Alasan Penting Membicarakan Ekspektasi Finansial dengan Pasangan Sebelum Menikah

Senin 29-07-2024,14:10 WIB
Reporter : Suci
Editor : Suci

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Tahukah Anda bahwa masalah uang dalam kehidupan keluarga sangatlah penting? Banyak perkawinan tidak dapat diselamatkan 'semata-mata' karena kesulitan keuangan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda yang ingin menikah membicarakan ekspektasi finansial Anda kepada pasangan. Memangnya, apa pentingnya menyikapi hal ini pada calon pasangan hidup Anda?

1. Menjadi Landasan Tujuan Keuangan

Menurut Times of India, mengatasi ekspektasi finansial akan membantu Anda memahami situasi keuangan pasangan Anda. Idenya adalah jika kesulitan keuangan muncul sepanjang pernikahan Anda.

Anda dan dia akan memahami gaya hidup seperti apa yang perlu Anda terapkan untuk melewatinya, serta tujuan keuangan jangka panjang Anda dan bagaimana membangun pernikahan yang sukses bersama.

2. Kesetaraan Finansial

Pasangan menjadi sadar akan pendapatan dan pengeluaran bulanan mereka. Miliki pandangan yang sama tentang keuangan sejak awal.

Pendekatan yang transparan sangat penting dalam memahami dan mengembangkan strategi keuangan yang bijaksana untuk masa depan.

3. Terbuka Mengenai Utang

Sesama pasangan menjadi saling mengetahui akan utang masing-masing, kewajiban keuangan, pembayaran tagihan dan pinjaman, serta masalah keuangan apa pun yang perlu ditangani.

Menyembunyikan pinjaman dan utang adalah tindakan yang tidak bijaksana. Sebuah pernikahan akan gagal jika pengaturan keuangan suami dan istri tidak memadai.

4.  Saling Mengetahui Ekspektasi Finansial

Anda dan calon suami akan belajar tentang pola pengeluaran, prioritas, aspirasi, dan keinginan masing-masing. Jika salah satu pasangan hidup hemat dan pasangannya boros, perkawinan bisa hancur.

Membicarakan pendapatan, aset, dan tanggung jawab Anda akan membantu Anda membuat strategi keuangan yang realistis.

5. Mengetahui Struktur Perencanaan Keuangan

Anda dan pasangan memahami bagaimana dan ke mana uang Anda disalurkan. Pengelolaan keuangan harus benar-benar transparan.

Semuanya harus transparan satu sama lain. Mulai dari anggaran utilitas bulanan, dana pendidikan dan kesehatan anak, cadangan darurat, hingga pengeluaran rumah seperti liburan keluarga.

Itulah alasan penting mengapa Anda harus mendiskusikan ekspektasi finansial Anda dengan calon pasangan hidup Anda sebelum menikah. Jangan biarkan kurangnya keterbukaan finansial merusak pernikahan sekali seumur hidup Anda!

 

Kategori :