7 Level Kemandirian Finansial dan Artinya yang Wajib Kamu Ketahui

7 Level Kemandirian Finansial dan Artinya yang Wajib Kamu Ketahui

7 Level Kemandirian Finansial dan Artinya yang Wajib Kamu Ketahui-FOTO:PINTEREST-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Kemandirian finansial, yang sering disebut kebebasan finansial, mengacu pada keadaan tidak perlu memikirkan atau mengkhawatirkan situasi keuangan seseorang. Menurut gagasan Grant Sabatier, ada tujuh tahapan kemandirian finansial.

Level 1 Kejelasan

Tingkat pertama adalah Anda tetap memantau keadaan keuangan Anda, termasuk berapa banyak uang yang Anda miliki, berapa banyak hutang yang Anda miliki, dan apa tujuan keuangan Anda di masa depan. Anda tidak dapat mencapai tujuan finansial Anda sampai Anda tahu di mana harus mulai mengelolanya.

Level 2 Kemandirian

Pada level ini, Anda mampu menangani keuangan Anda sendiri. Hal ini menandakan bahwa Anda memiliki pendapatan yang cukup untuk memenuhi tagihan Anda tanpa memerlukan bantuan keuangan dari orang tua, misalnya. Anda sudah mengandalkan gaji bulanan Anda untuk menutupi biaya hidup Anda.

Level 3 Ruang Bernapas

Setelah menutupi pengeluaran hidup, uang darurat, dan investasi, Anda masih memiliki sisa uang. Anda sudah memiliki kelonggaran finansial yang lebih besar. Namun, bukan berarti Anda sudah mendapat gaji lebih tinggi.

Level 4 Stabilitas

Anda yang sudah mencapai Level 4 sudah melunasi utang berbunga tinggi, seperti utang kartu kredit, dan sudah menyisihkan biaya hidup selama enam bulan ditambah dana darurat. Mengumpulkan dana darurat membantu menjaga keuangan Anda tetap pada jalurnya dalam menghadapi kejadian yang tidak terduga.

Pada tahap ini, Anda tidak khawatir kehilangan pekerjaan atau harus pindah ke tempat lain. Karena Anda sudah bisa mempertimbangkan jumlah minimum uang yang dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Level 5 Fleksibilitas

Orang-orang di level 5 memiliki penghematan biaya hidup setidaknya selama dua tahun. Dengan tabungan sebesar itu, Anda bisa mempertimbangkan jangka waktu pengeluaran uang Anda.

Level 6 Kemandirian Finansial

Orang-orang yang telah memperoleh kemandirian finansial dapat sepenuhnya mengandalkan uang yang disediakan oleh investasi mereka. Untuk mencapai tingkat ini, Anda harus menginvestasikan sebagian besar pendapatan Anda dan menerapkan gaya hidup yang lebih sederhana untuk mengurangi biaya hidup Anda secara signifikan.

Level 7 Kekayaan Berlimpah 

Jika sudah mencapai level ini, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan keuangan karena kekayaan Anda sudah melimpah. Uang tidak lagi menjadi masalah pada tingkat ini, karena jumlahnya lebih dari cukup.

 

Sumber: