Bawaslu Bentuk Duta Pengawasan di Setiap Kecamatan

Minggu 22-09-2024,17:28 WIB
Reporter : Indah Tri Sutono
Editor : Indah Tri Sutono

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Selain terus mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi seluruh tahapan Pilkada secara partisipatif, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cirebon juga membentuk duta pengawasan yang berbasis di masing-masing kecamatan.

Di Kota Cirebon, duta pengawasan sudah terbentuk di dua kecamatan, yakni di Kecamatan Kejaksan dan Kecamatan Harjamukti.

Selanjutnya, tiga kecamatan akan menyusul, membentuk duta pengawasan pada pekan ini.

Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Devi Siti Sihatul Afiah mengungkapkan, Bawaslu terus menggandeng masyarakat untuk bersama-sama mengawasi dan mensukseskan Pilkada 2024, dan duta pengawasan yang dibentuk ini, menjadi salah satu upaya dari Bawaslu untuk memperkuat sektor pengawasan di akar rumput.

"Sudah terbentuk di Kejaksan dan Harjamukti, selanjutnya 3 kecamatan akan dilaksanakan minggu depan," ungkap Devi.

Dijelaskan Devi, duta pengawasan di masing-masing kecamatan ini, akan terdiri dari dua sampai tiga orang personel, dimana ada sedikitnya dua tugas yang akan mereka emban.

Pertama, duta pengawasan akan ikut mensosialisasikan tolak politik uang, hate speech hingga hoax ke kelompok-kelompok di masyarakat.

Kedua, duta pengawasan ini juga ikut mengajak kelompok masyarakat untuk aktif dalam menginformasikan atau melaporkan dugaan pelanggaran kepada Bawaslu.

"Dengan hadirnya duta pengawasan ini, kami berharap masyarakat akan lebih berperan aktif bersama-sama, untuk sadar tidak akan terlibat dalan berbagai macam dugaan pelanggaran, seperti Money Politik, hoax, hate speech, dan tentunya akan menjadi pemberi informasi dan tak segan melaporkan terhadap dugaan pelanggaran tersebut," kata Devi.

Kategori :