Sambut Nataru 2025-2026, Daop 3 Cirebon Gelar Pembinaan Frontliner
Sambut Nataru 2025-2026, Daop 3 Cirebon Gelar Pembinaan Frontliner-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID-
CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pada masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon menyelenggarakan kegiatan pembinaan frontliner selama dua hari, pada 11–12 Desember 2025.
Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan para petugas garda terdepan dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, khususnya saat angkutan Nataru yang diperkirakan akan berlangsung selama 18 hari, mulai 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026.
Acara yang dibuka oleh Vice President Daop 3 Cirebon, Sigit Winarto, dan Manager Angkutan Penumpang, Rizki Afrida, diikuti oleh 61 peserta yang terdiri dari Customer Service On Station (CSOS), Announcer, dan Ticketing Officer.
Pembinaan frontliner ini menghadirkan pemateri dari internal perusahaan yang memberikan materi tentang berbagai aspek pelayanan, mulai dari regulasi terbaru, penanganan komplain, hingga teknik komunikasi efektif dengan pelanggan.
Manager Humas Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin menjelaskan, kegiatan pembinaan frontliner ini sangat penting untuk memastikan seluruh petugas frontliner siap menghadapi lonjakan volume penumpang yang terjadi selama musim libur panjang.
"Pada masa angkutan Nataru yang bersamaan dengan libur panjang akhir tahun, kami perlu mengantisipasi peningkatan layanan agar lebih baik dan maksimal, mengingat adanya lonjakan volume penumpang yang tidak seperti hari biasanya," jelasnya.
Para peserta yang mengikuti pembinaan frontliner ini kata Muhib, mendapatkan pembekalan yang menyeluruh mengenai standar operasional terbaru serta teknik penyelesaian komplain yang cepat dan tepat.
“Selain materi teori, sesi praktik juga diberikan untuk memastikan para petugas frontliner dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam situasi nyata,” katanya.
Pembinaan ini diharapkan Muhib, mampu memperkuat komitmen para petugas dalam memberikan pelayanan yang sesuai dengan motto PT KAI, yaitu 'Semakin Melayani'.
"Momen Nataru selalu menjadi periode dengan mobilitas pelanggan yang sangat tinggi. Melalui pembinaan frontliner ini, kami ingin memastikan seluruh petugas frontliner Daop 3 Cirebon benar-benar siap, baik dari segi regulasi, kemampuan komunikasi, maupun respons terhadap komplain pelanggan, karena Kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pengguna jasa kereta api,” pungkasnya. (its)
Sumber: