Kapolda Turun Cek Jalur Tol, Jalur Arteri Ramai Lancar, Personel Keamanan Siaga 24 Jam

Kapolda Turun Cek Jalur Tol, Jalur Arteri Ramai Lancar, Personel Keamanan Siaga 24 Jam

CEK KESIAPAN. Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana mengecek kesiapan jajaran Polres Ciko di Pospam Rest Area, kemarin. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

 

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Arus balik masih mendominasi jalur arteri Pantura Kota Cirebon sampai H+3 Lebaran, Kamis (5/5). Kendaraan roda dua dan roda empat dengan plat nomor luar daerah, didominasi plat ibukota masih membeludak, bahkan sejak Kamis dinihari.

 

Meskipun masih terlihat ada lonjakan, Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar menyampaikan bahwa kepadatan kendaraan pemudik yang melintas di wilayah hukumnya, masih tergolong padat lancar di H+3 kemarin.

 

"Memang terlihat arus balik masih cukup banyak, walau tidak sepadat hari-hari kemarin. Kami Polres Cirebon Kota tetap prioritaskan para pemudik dalam perjalanan menuju ke daerah asalnya ketika melintas di Kota Cirebon," ungkap M Fahri.

 

Tak hanya di jalur arteri Pantura, lanjut M Fahri, kondisi lalu lintas di ruas Tol Palikanci pun mulai mengalami peningkatan. Sehingga, guna mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas dan antisipasi kejadian kecelakaan di ruas tol, Polres Cirebon Kota sudah menyiagakan personelnya 1x24 jam dan ditempatkan di Rest Area 207 A dan 208 B.

 

Dikatakan Fahri, personel yang disiagakan tersebut diberikan tugas khusus menjaga keamanan di jalur tol, termasuk bertugas memantau hingga melakukan sterilisasi kendaraan. Minimal dari jarak 1 kilometer jika terjadi kepadatan di jalur tol.

 

"Tugas khususnya, mereka memastikan jangan ada kendaraan yang berhenti di bahu jalan. Sehingga jalur tol lancar bagi pemudik. Sempat terjadi kepadatan di pukul 14.00 siang tadi, kami juga menunggu instruksi jika ada perintah untuk one way," jelasnya.

 

Pada Kamis (5/5), Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana juga turun melakukan pengecekan di jalur arus balik wilayah hukum Polres Cirebon Kota. Suntana mengecek pos pengamanan Polres Cirebon Kota yang ada di titik rest area 208 B Tol Palikanci.

 

Satu persatu, kesiapan jajaran Polres Cirebon Kota untuk mengamankan arus balik Lebaran pada Ops Ketupat Lodaya 2022 diperiksa, mulai dari kesiapan teknis hingga kesiapan personel.

 

"Saat ini, kami mengecek kesiapan personel Polri, khususnya Polres Ciko di rest area. Kita memastikan semua siap menjaga keamanan dan kelancaran para pemudik, khususnya arus balik dari arah Jateng menuju Jakarta," ungkapnya.

 

Mengenai hasil pantauannya, dijelaskan Suntana, kondisi arus lalu lintas Tol Palikanci, khususnya di KM 208 B masih terlihat cukup lancar. Pihaknya juga mengapresiasi masyarakat yang sudah sangat disiplin dan tertib dalam berlalu lintas selama masa mudik kali ini.

 

Masih dijelaskan Suntana, sesuai dengan rencana di tingkat pusat, untuk arus balik di tanggal 6, 7 dan 8, ketentuan yang akan dipedomani adalah imbauan pemerintah mengenai one way.

 

Pemudik pun disarankan bisa pulang lebih awal, sehingga jika pun harus berangkat di tanggal 6, 7 dan 8, diharapkan untuk mematuhi rambu lalu lintas, karena dimungkinkan diterapkan one way di jalur tol.

 

"Insya Allah Polri dengan instansi terkait siap mengamankan arus balik, baik one way di tol maupun jalan arteri. Adapun untuk one way, sudah diatur pada tanggal 6 mulai dari Kalikangkung, dimulai pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB, Sabtu tanggal 7 dimulai pada pukuk 07.00 WIB sampai 24.00 WIB. Dan pada tanggal 8 dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB," tutupnya.

 

Terpisah, keterangan terakhir dari PT Astra Infra sebagai pihak pengelola ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menyatakan, kebijakan one way belum diberlakukan di ruas Tol Cipali. Karena kondisi lalu lintas masih ramai lancar. Namun atas Diskresi Kepolisian, sistem rekayasa lalu lintas dengan contra flow mulai diberlakukan pada pukul 18.00 di KM 158 sampai KM 147 juga di KM 132 sampai KM 129 arah Jakarta. (sep)

 

Sumber: