Mesin Gerindra Mulai Panas, Satria Siapkan Kader Terbaik Maju Pileg 2024

Mesin Gerindra Mulai Panas, Satria Siapkan Kader Terbaik Maju Pileg 2024

BUKA PENDAFTARAN. Ketua PC Satria Kota Cirebon, Munadi saat diwawancarai di sekretariat PC Satria di Kelurahan Karyamulya, Kesambi. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON --

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pemilihan Umum (Pemilu) yang sudah ditetapkan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, memang masih lama. Namun, parpol-parpol sudah mempersiapkan diri menyongsong pesta demokrasi lima tahunan tersebut dari sekarang.

Tak hanya parpol, Pengurus Cabang (PC) Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) yang menjadi sayap Partai Gerindra pun, ikut memanaskan mesin gerakan dengan membuka pendaftaran kader militan baru. Untuk menambah kekuatan dalam memenangkan Partai Gerindra  tahun 2024.

"Menyongsong pesta demokrasi 2024, kami akan mempersiapkan kader militan sayap partai untuk mengawal dan memenangkan Partai Gerindra dalam Pemilu 2024. Baik legislatif, pilkada dan pilpres," jelas Ketua PC Satria Kota Cirebon, Munadi di sekretariatnya, Selasa (10/5).

Tak hanya membuka pendaftaran kader militan, Satria juga mendorong kader-kader terbaik Satria Gerindra, yang memiliki basis massa di kalangan pemuda. Untuk bisa tampil berlaga maju dan menang pada Pileg 2024.

Besarnya Satria sebagai sayap partai, kata dia, akan berdampak sistemik pada besarnya nama partai, terutama di Kota Cirebon. Karena Gerindra sebagai pemenang Pemilu 2019 memiliki tugas berat untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan kemenangan di tahun 2024 mendatang.

"Untuk membesarkan Partai Gerindra, PC Satria Gerindra Kota Cirebon akan melakukan kaderisasi dan menampung semua lapisan masyarakat," lanjutnya.

Untuk ke arah sana, sejak jauh-jauh hari, dijelaskan Munadi, PC Satria Kota Cirebon sudah menyiapkan stok calon legislatif dari kader-kadernya yang dipastikan memiliki loyalitas tinggi terhadap partai.

Satria sendiri, kata Munadi, merupakan sayap Partai Gerindra yang didirikan di Jakarta 30 Mei 2008. Pada awalnya dibentuk sebagai satuan tugas (satgas) Partai Gerindra.

Namun dalam perjalanannya, Partai Gerindra menyadari dibutuhkan satu organisasi sayap sebagai sumber resources kader partai. Sehingga peran Satria saat ini menjadi sumber kader partai yang loyal dan militan.

Secara hirarki organisasi sendiri, hubungan antara Pimpinan Pusat (PP) Satria dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra adalah hirarki yang bersifat instruktif.

"Berangkat dari sejarah Satria, dalam menyongsong pesta demokrasi 2024, kami akan mempersiapkan kader militan sayap partai untuk mengawal dan memenangkan Partai Gerindra dalam Pemilu 2024," tegasnya.

Begitupun di daerah, hubungan organisasi Pimpinan Daerah (PD) Satria sampai ke tingkat bawah dengan Partai Gerindra bersifat koordinatif. Satria menempatkan ketua partai di masing-masing tingkatan sebagai Ketua Dewan Penasehat Satria sesuai tingkatannya.

"Tugas Satria adalah menghimpun, menggalang, mengembangkan dan meningkatkan sumber daya dan potensi masyarakat, dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera. Juga membantu penanggulangan bencana nasional dalam segi sosial," imbuhnya.  (sep)

Sumber: