Target PAN Kota Cirebon Bukan Hanya Legislatif, Tapi Juga Eksekutif

Target PAN Kota Cirebon Bukan Hanya Legislatif, Tapi Juga Eksekutif

SANGAT SIAP. Ketua DPD PAN Kota Cirebon, Dani Mardani SH MH saat berbincang politik pada Podcast Rakyat Cirebon. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON- Ketua DPD PAN Kota Cirebon, Dani Mardani SH MH mengklaim, partai yang dipimpinnya merupakan salah satu parpol yang paling siap menghadapi hajatan besar momen politik tahun 2024 mendatang. Penegasan itu disampaikan saat menjadi narasumber Podcast Rakyat Cirebon, akhir pekan lalu.

PAN di Kota Cirebon, kata Dani, sudah sejak jauh-jauh hari melakukan launching penerimaan bakal calon legislatif (Bacaleg). Bahkan, saat itu launching penerimaan pendaftaran bacaleg di Kota Cirebon dibuka langsung Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan.

"PAN di Kota Cirebon sudah siap menghadapi pemilihan legislatif 2024. Launching penerimaan bacaleg sudah lama kita gelar. Dibuka langsung ketua umum DPP waktu itu. Ketua DPW juga hadir," jelasnya.

Pasca penerimaan pendaftaran bacaleg dibuka, lanjut Dani, hingga sekarang, PAN sudah memiliki lebih dari 50 persen bacaleg di masing-masing daerah pemilihan. Bahkan, PAN terus mencari potensi-potensi terbaik.

Adapun yang sudah mendaftar dan siap nyaleg melalui PAN, berisi tokoh-tokoh dengan berbagai latar belakang. Mulai dari akademisi, aktivis, olahragawan, seniman, pengusaha, tokoh agama, bahkan pensiunan ASN hingga milenial.

"Kita terus jaring. Sehingga ke depan, bisa satu kursi di setiap dapil. Belum lagi ada kemungkinan penambahan dapil. Kita akan menyesuaikan. Dengan pertambahan dapil, maka bertambahnya kursi, setiap dapil terisi," paparnya.

Menjelang Pemilu 2024 ini, kata Dani, PAN sudah mulai selektif dalam menjaring potensi-potensi bacaleg. Sehingga kunci utama, PAN mencari tokoh-tokoh yang fighter siap bertarung.

Yang menjadi perhatian, PAN sendiri tidak menampik bahwa sosok milenial menjadi potensi yang dijaring sebagai bacaleg. Dan beberapa tokoh dari 50 persen bacaleg yang sudah siap bertarung melalui PAN, masuk dalam kalangan milenial.

"Menurut beberapa survei, tahun 2024 pemilih milenial ini tinggi. Jadi kita jaring bacaleg milenial," terangnya.

Dia bersyukur, PAN Kota Cirebon berhasil mencuri start dengan sudah jauh-jauh hari membuka penerimaan bacaleg. Saat ini, partai yang dipimpinnya sudah mulai sibuk menyiapkan saksi untuk mengawal suara PAN di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu nanti.

"Kita masuk tahap penyiapan saksi TPS. Jadi selain rekruitmen bacaleg, kita juga mulai menyiapkan saksi untuk menjaga suara kita di TPS. Insya Allah perangkat politik kita sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari," ujarnya.

Karena berkaca dari tahun politik sebelumnya, perolehan suara PAN selalu tidak signifikan, maka menjelang 2024 ini, PAN mempersiapkan perangkat tempurnya dengan maksimal. Dan PAN pun sangat terbuka bagi potensi-potensi yang ada untuk berjuang di sektor politik.

"Tahun 2024 energinya harus full power. Karena targetnya bukan hanya di legislatif, tentu juga di eksekutif," imbuhnya. (sep)

Sumber: