Bertahun-tahun Tidak Ada Perbaikan, Warga Trusmi Geram, Bupati Imron: Sabar…

Bertahun-tahun Tidak Ada Perbaikan, Warga Trusmi Geram, Bupati Imron: Sabar…

SINDIRAN. Warga di kawasan Trusmi melakukan aksi mancing di jalan berlubang yang dipenuhi genangan air. FOTO: IST/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kondisi jalan di sekitar kawasan Trusmi rusak parah. Berlubang dan kerap jadi genangan air usai turun hujan. Kondisinya sudah lama. Bertahun-tahun tidak ada perbaikan. Warga pun geram. Mereka melakukan aksi di luar dugaan. Ramai-ramai memancing di kolam genangan air jalanan.

Aksi warga ini sebatas sindiran buat para pemangku kebijakan. Mereka pun meng-upload-nya ke media sosial (Medsos). Hasilnya, mendapat beragam respons dari netizen. Sebut saja misalnya komentar yang disampaikan Sudrajat. Ia menyebut, kondisi tersebut sudah lama terjadi. Sejak dirinya masih duduk di bangku SMP.

Ia sendiri bukanlah warga setempat. Tapi seringkali melewati jalur tersebut. Ia pun menyayangkan, kenapa kondisi jalannya dibiarkan rusak bertahun-tahun. "Walaupun bukan orang sana, tapi prihatin. Padahal banyak toko-toko besar, tapi kenapa jalannya malah seperti danau begitu?" katanya.

Fiki memberikan komentar lain. Ia menyarankan agar warga sekitar memperbaiki kondisi tersebut. Minimal, diberikan akses untuk saluran air. "Gotong royong lah dulu warganya, bikin saluran pembuangan air. Karena kalau nunggu anggaran pemerintah, pasti lama. Harus ada kesadaran dari warga. Bukan di situ aja yang harus dipikirkan pemerintah," katanya.

Sementara, Dani membandingkan pembangunan Kabupaten Cirebon dengan daerah tetangga yang jauh lebih maju. Pembangunan di daerahnya malah berbanding terbalik, bahkan stak.

"Asli prihatin melihat pembangunan di Kabupaten Cirebon. Pembangunan jalannya mengecewakan jauh dibandingkan dengan Kuningan," ucap dia.

Menurutnya, bagaimana ekonomi akan meningkat manakala akses jalannya saja rusak. Pun demikian bagaimana menawarkan potensi wisata untuk bisa mendatangkan wisatawan ke Cirebon, ketika melihat kondisi jalannya begitu rusak.

"Harusnya pembangunan jalan jadi prioritas utama untuk diperhatikan. Kalau jalan bagus, dipastikan perekonomian masyarakatnya pun meningkat," tuturnya.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg mengaku kerap mendapat masukan warga atas kerusakan jalan di wilayah kerjanya. Ada yang langsung diutarakan, bahkan ada juga yang melalui media sosial (medsos) yang dimilikinya.

Menurut Imron, pada tahun ini dirinya memastikan akan melakukan perbaikan terhadap kondisi jalan yang mengalami kerusakan, meskipun bakal dilakukan secara perlahan. "Pelan-pelan kita akan perbaiki. Tahun ini akan diselesaikan satu persatu," ujar Imron.

Ia juga menyadari bahwa sejumlah ruas jalan di beberapa wilayah di Kabupaten Cirebon mengalami kerusakan. Kondisi tersebut, tentu bisa berimbas pada  terhambatnya aktivitas masyarakat.

Namun demikian, Imron meminta masyarakat agar bersabar karena perbaikan jalan membutuhkan waktu dan tahapan yang harus dilalui. "Saya minta  masyarakat sabar. Karena waktu untuk perbaikan jalan akan melalui sejumlah tahapan seperti proses lelang dan lainnya," tandasnya. (zen)

Sumber: