Yamaha_detail

201 Pejabat Dirotasi, Jangan ada Perasaan Negatif

201 Pejabat Dirotasi, Jangan ada Perasaan Negatif

DISUMPAH. Bupati Indramayu Nina Agustina melantik dan mengambil sumpah 201 pejabat di Pendopo Raden Bagus Aria Wiralodra, Rabu (25/5). Pejabat yang digeser meliputi pejabat administrator, pengawas, dan fungsional.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Bupati Indramayu, Nina Agustina mengeser 201 pejabat ke tempat baru. Para pejabat tersebut diminta meningkatkan kinerja dan loyalitas.

Pergeseran pejabat ini ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah yang berlangsung di Pendopo Raden Bagus Aria Wiralodra, Rabu (25/5). 

Ratusan pejabat yang digeser meliputi pejabat administrator, pengawas, dan fungsional. Berdasarkan Keputusan Bupati Indramayu Nomor: 821.2/Kep.162-BKPSDM/2022 tertanggal 25 Mei 2022. Ada yang dirotasi dan sebagian pejabat mendapatkan promosi.

Usai melantik dan mengambil sumpah para pejabat, Nina Agustina mengatakan, rotasi dan promosi jabatan ini dalam rangka penataan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. 

Hal ini merupakan salah satu upaya agar roda organisasi pemerintahan semakin siap bergerak dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Menurutnya, promosi dan rotasi merupakan hal yang biasa terjadi dan ini semua menjadi bagian dari pola pengembangan karir seorang pegawai. 

“Kita harus memaknai kegiatan ini demi kepentingan organisasi. Bukan hanya penempatan sosok pejabat pada jenjang jabatan tertentu,” ujarnya.

Dalam hal ini, kata Nina, promosi merupakan suatu penghargaan kepada pegawai yang dinilai baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pekerjaan dengan didasari kapasitas, kompetensi dan integritas maupun loyalitas, moralitas, pangkat, serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas maupun tanggung jawabnya.

“Mutasi merupakan sebuah langkah penyegaran dan wahana aktualisasi diri bagi para pejabat dalam memperkaya pengalaman, melatih beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga sebagai sarana pembinaan karir,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, rotasi juga bertujuan memberikan kesempatan kepada pegawai untuk lebih berprestasi di jabatan baru. Dalam konteks ini para pejabat harus memaknai rotasi dan promosi ini sebagai suatu penugasan dan amanah.

Nina juga berpesan agar pejabat yang baru dilantik selalu menjaga dan meningkatkan integritas, loyalitas, serta semangat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan bekerjanya dalam rangka mewujudkan Indramayu yang Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat (Bermartabat). 

“Mari kita bekerja cerdas, ikhlas dan tuntas dalam mensukseskan program -program pembangunan Indramayu lebih baik lagi dan tentunya Indramayu Bermartabat,” ajak Nina.

Dirinya juga menyampaikan, bagi pejabat yang baru saja dilantik untuk tidak memiliki perasaan negatif kepada kepala daerah.

Namun, harus mendukung visi dan misi kepala daerah. Sehingga harus tegak lurus untuk menyukseskan program pemerintah daerah.

Sumber: