Uu: Embarkasi Haji Harus Digunakan 2023

Uu: Embarkasi Haji Harus Digunakan 2023

CEK LOKASI. Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (kedua kiri) mengecek pembangunan Embarkasi Haji Indramayu. Embarkasi Haji yang masih dalam proses pembangunan itu harus bisa digunakan pada 2023 mendatang. --

“Dan menurut informasi juga nanti anak-anak PAUD dan lainnya bisa belajar manasik di sini. Paling fundamental akan adanya museum haji, di provinsi lain tidak ada. Jadi seperti di Turki, komplit,” terangnya.

Sedangkan keberadaan Bandara Kertajati, Pemprov Jabar sebenarnya sudah mendorong dengan berbagai macam instrumen-instrumen yang lain. 

Pertama, pemprov sudah ingin menyelesaikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) untuk mempercepat jarak tempuh. 

Perhitungannya, dari Bandung ke bandara di Kabupaten Majalengka tersebut hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit.

“Embarkasi ini juga menjadi instrumen untuk Bandara Kertajati. Kemudian ada pelabuhan, dan ditambah lagi ada rencana membangun jalur kereta api ke bandara,” kata Uu.

Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam juga berharap pada tahun 2023 nanti Embarkasi Haji Indramayu sudah bisa difungsikan. 

“Sebetulnya, kalau sekarang infrastruktur jalan lingkungan dan masjid sudah ada, minimal jamaah haji Ciayumajakuning bisa transit di sini dulu sebelum ke Embarkasi Haji Bekasi,” imbuhnya. (tar)

Sumber: