Bupati Acep Apresiasi Inovasi Pelayanan Pertanahan

Bupati Acep Apresiasi Inovasi Pelayanan Pertanahan

INOVASI PELAYANAN. Bupati H Acep Purnama SH MH melaunching program inovasi dan mengapresiasi terhadap wujud nyata pelayanan yang dilakukan Kantor Pertanahan Kuningan, Kamis (2/6).--

RAKYATCIREBON.IDKUNINGAN- Upaya inovasi dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat terus dilakukan Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan. Hal ini menjadi bagian dalam transformasi digital layanan publik yang terus di akselerasi oleh pemerintah. Tentunya dengan tujuan memberi pelayanan berkualitas, cepat, mudah, dan terjangkau oleh masyarakat. Ada delapan program inovasi layanan yang kini diluncurkan oleh Kantor Pertanahan Kuningan.

Dalam kesempatan ini, Bupati H Acep Purnama SH MH berkesempatan melaunching program inovasi tersebut. Bahkan, Bupati Acep sangat apresiasi terhadap wujud nyata pelayanan yang dilakukan Kantor Pertanahan Kuningan. “Saya sangat senang dan gembira dengan inovasi yang diberikan oleh Kantor Pertanahan. Semoga ini bisa memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, lebih cepat dan mudah,” kata Acep, Kamis (2/6).

Apalagi, lanjut dia, inovasi tersebut berbasis teknologi demi memudahkan masyarakat. Semua layanan yang dilakukan, tentunya sangat membantu masyarakat dalam mengurus administrasi soal pertanahan.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan Kuningan, Surahman menuturkan, tujuan inovasi ini tentu untuk memberi pelayanan berkualitas, cepat, mudah, dan terjangkau oleh masyarakat. Bahkan beberapa layanan yang saat ini sudah dilakukan dengan sistem elektronik yakni Pendaftaran Hak Tanggungan, Roya, Pengecekan Sertifikat, Informasi Zona Nilai Tanah, serta Surat Keterangan Pendaftaran Tanah.

“Disamping itu, seluruh informasi pertanahan dan tata ruang dapat di akses dengan mengunduh aplikasi sentuhtanahku hingga Gistaru. Kemudian pengelolaan administrasi perkantoran melalui aplikasi e-office yakni persuratan, tanda tangan elektronik, presensi kehadiran dan lain-lain,” sebutnya.

Pihaknya kini menambah pula beberapa inovasi layanan dan akses informasi. Setidaknya terdapat 8 program layanan untuk mempermudah masyarakat. Misalnya QRIS BRI, ini merupakan kerja sama dengan BRI dalam pembayaran PNBP melalui scan QR Code, yakni bisa melalui seluruh bank, GoPay, OVO, DANA, LinkAja, Shopee dan yang lain.

Selanjutnya Kupat Kuningan kepanjangan dari Kuantar Sertipikat Wilayah Kuningan, yakni layanan pengantaran sertifikat kepada pemohon lansia, difabel atau pemohon yang alamatnya jauh dari Kantor Pertanahan.

Adapula layanan SMS Delivery, Jendela Informasi Pertanahan, Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah, Layanan Sertifikat Hak Atas Tanah, Pelayanan Pengaduan dan Konsultasi Pertanahan, serta Weekend Service. Khusus weekend service, petugas akan membuka pelayanan pada hari Minggu saat Car Free Day di Taman Kota Kuningan.

“Jadi kami akan terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Kuningan. Semoga kami dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah serta kantor atau lembaga vertikal, maupun pemangku kepentingan yang lain dalam melayani masyarakat,” pungkasnya. (bud)

 

Sumber: