Yamaha_detail

Kemenag Jabar Pastikan Kuota Haji 2023 Kembali Normal

Kemenag Jabar Pastikan Kuota Haji 2023 Kembali Normal

BERI PENJELASAN. Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam (kanan) menyampaikan penjelasan kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (tengah) di salah satu ruangan Embarkasi Haji Kabupaten Indramayu.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat memastikan kuota haji pada tahun 2023 mendatang akan kembali normal, termasuk Kabupaten Indramayu. 

Kondisi ini pun akan mempengaruhi masa tunggu akibat masa pandemi Covid-19 selama 2 tahun dan pengurangan kuota pada musim haji tahun 2022.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jabar, Ajam Mustajam mengatakan, kuota normal calon jamaah haji Jabar sebanyak 39.655 orang. Bahkan pihaknya akan berupaya agar kuota haji bisa ditambah hingga diangka 40 ribu orang. “Pada 2023 insya Allah kembali normal, tahun depan harus kembali normal,” jelasnya saat mendampingi Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum melihat pembangunan Embarkasi Haji Indramayu belum lama ini.

Menurut Ajam, pada tahun 2022 kuota haji untuk Jabar hanya 17.566 orang. Pengurangan kuota ini merupakan keputusan pemerintah Arab Saudi karena masih pandemi Covid-19. Hal ini secara otomatis berimbas pada kuota haji masyarakat di kabupaten/kota di Jawa Barat. 

Menurutnya, kembali normalnya kuota haji Jabar diharapkan tidak semakin memperpanjang masa tunggu keberangkatan jamaah haji. “Di Kabupaten Indramayu misalnya, jika dalam kondisi normal mendapat kuota sebanyak 1.773 orang. Namun tahun ini berkurang drastis dan hanya mendapat kuota untuk 826 orang,” terangnya.

Di sisi lain, pada 2023 nanti pihaknya juga mengupayakan agar para jamaah haji sudah bisa mempergunakan Embarkasi Haji Indramayu yang saat ini masih proses pembangunan. 

Minimalnya para calhaj di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) serta wilayah Jabar bagian timur bisa menggunakan embarkasi tersebut sebelum berangkat ke Tanah Suci.

“Pembangunan Embarkasi Haji Indramayu tinggal menunggu pembangunan masjid dan jalan lingkungan untuk bisa dipergunakan. Kekurangan biaya kita hitung sekitar Rp22 miliar lagi, akan dibantu Pemprov Jabar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu, Hanif Hanafi menyampaikan, total jamaah calhaj asal Kabupaten Indramayu pada tahun 2022 yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekah sebanyak 826 orang. 

"Terbagi tiga kloter. Kloter 17, 40, dan 42. Semuanya akan dilepas keberangkatannya di Pendopo Indramayu sesuai jadwal,” sebutnya.

Rinciannya, Kloter 17 dengan jamaah calhaj 410 orang akan diberangkatkan pada 17 Juni 2022, Kloter 40 dengan jamaah calhaj 410 orang dijadwalkan pada 29 Juni 2022, dan Kloter 42 berjumlah jamaah 6 orang akan dilepas pada 30 Juni 2022. "Untuk Kloter 42 gabungan dengan jamaah calhaj dari daerah lain," pungkasnya. (tar)

Sumber: