Ridwan Kamil Pimpin Langsung Jemaah Haji Jabar di Tanah Suci

Ridwan Kamil Pimpin Langsung Jemaah Haji Jabar di Tanah Suci

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama jenazah Emmeril Kahn saat ini sudah berada di Insel Hospital Swiss.-ilustrasi-

RAKYATCIREBON.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akan menjadi pemimpin jemaah haji asal Jabar atau Amirulhaj musim ibadah haji 2022.

"Saya akan menjadi amirulhaj untuk memastikan haji Jabar itu aman, sehat di tanah suci," ucap Ridwan Kamil saat ditemui di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bandung, Rabu (8/6).

Rencananya, orang nomor satu di Jabar itu akan berangkat ke tanah suci pada akhir Juni mendatang.

"Kalau tidak ada halangan, saya berangkat antara akhir Juni atau awal Juli," ujar pria yang kerap disapa Kang Emil itu.

Lebih lanjut, Kang Emil menyampaikan, sebanyak 1.800 calon jemaah haji telah diberangkatkan ke tanah suci. "Haji asal Jabar 4 kloter sudah terbang, 1 kloter kurang lebih sampai 450 orang," ujar Kang Emil.

Namun, Kang Emil menambahkan, kuota haji asal Jabar tahun ini hanya mampu memberangkatkan 45 persen calon jemaah haji. Dia pun menyampaikan permohonan maaf atas hal tersebut, dan berharap tahun depan kuota haji asal Jabar bisa mencapai 100 persen kembali.

"Atas nama pribadi, saya memohon maaf. Mudah-mudahan yang seharusnya pergi, tapi belum bisa karena kuota supaya bersabar. Semoga tahun depan bisa dinormalisasikan, sehingga jemaah bisa pergi secara maksimal," kata Kang Emil. (jpnn/rakcer)

Sumber: