Hari Ini Tahapan Pemilu Serentak Dimulai, Kapolres: Belum Begitu Krusial

Hari Ini Tahapan Pemilu Serentak Dimulai, Kapolres: Belum Begitu Krusial

PENGAMANAN. Kapolres Cirebon Kota, M Fahri Siregar saat diwawancarai mengenai pengamanan tahapan Pemilu serentak 2024 di Kota Cirebon. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

 

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Tahapan Pemilu serentak 2024 segera dilaunching oleh KPU RI hari ini, Selasa (14/6). Secara melekat, unsur terkait kepemiluan juga mulai bersiap-siap. Tidak terkecuali jajaran kepolisian yang bertugas menjaga agar pemilu serentak terlaksana dengan aman dan damai.

 

Menyikapi akan dimulainya tahapan pemilu, Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan para penyelenggara. Dalam hal ini KPU dan Bawaslu. Sehingga setiap tahapan yang terbilang krusial memerlukan pengamanan, maka personel siap ditempatkan.

 

"Kita sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu terkait tahapan-tahapan pemilu. Tentunya kalau sudah mulai tahapan, kita sudah melakukan upaya-upaya ya," ungkap M Fahri.

 

Pihak kepolisian, lanjutnya, sudah meminta Bawaslu untuk mengukur Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di Kota Cirebon. Dan IKP inilah yang nanti akan menjadi dasar bagi kepolisian untuk menempatkan anggota.

 

"Dari IKP ini, perkiraan berapa jumlah personel yang dibutuhkan, kita tahu yang harus disiagakan di setiap tahapan," ucapnya.

 

Dari hasil koordinasi dengan KPU, dijelaskan M Fahri, di tahun ini memang tahapan dimulai, dan ada beberapa tahapan seperti verifikasi data. Dan setelah ditelisik, tahapan ini tidak begitu krusial. Namun pihaknya akan tetap melakukan pengamanan.

 

"Kalau pengaman di tahun ini, tahapannya ada verifikasi data. Sebenarnya tidak terlalu banyak yang krusial. Masalah paling krusial itu di tahun depan saat pendaftaran-pendaftaran ya. Seperti pendaftaran caleg, termasuk saat kampanye. Terutama kampanye menjelang pelaksanaan. Pendaftaran-pendaftaran itu juga perlu diatasi. Tapi kalau sekarang itu belum terlalu," jelasnya.

 

Termasuk untuk pengamanan di kantor KPU, ditambahkan M Fahri, untuk tahapan tertentu, tentu akan ditempatkan anggota. Terlebih saat ini, kantor KPU berada di jalur trek lurus Jalan Wahidin. Sehingga dari segi pengaturan lalu lintas pun perlu dipersiapkan rekayasa apa yang harus diterapkan untuk momen-momen tertentu.

 

"Kantor KPU saat ini di Jalan Wahidin. Nanti kita koordinasikan dengan KPU. Kalau memang nanti ada kerawanan apa yang terjadi. Misalnya kemacetan, tentunya pengaturan dan rekayasa lantas kita cari solusinya. Makanya tetap kita amankan jika ada potensi gangguan Kamtibmas," imbuh dia. (sep)

 

Sumber: