Polres Fasilitasi Operasi Bibir Sumbing

Polres Fasilitasi Operasi Bibir Sumbing

TUMBUH KEMBANG. Polres Majalengka memfasilitasi operasi bibir sumbing di Rumah Sakit Bhayangkara Losarang, dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara.--

 

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Tiga anak asal Majalengka yang mengalami bibir sumbing dioperasi di Rumah Sakit Bhayangkara Losarang, Indramayu. Kegiatan operasi bibir sumbing itu dilakukan dalam rangka HUT ke-76 Bhayangkara, 1 Juli 2022 mendatang.

 

Menurut keterangan Kabag Ops Polres Majalengka, AKP Kusdinar, ketiga anak yang menjalani operasi tersebut adalah Ismatul Maola (16 bulan) Asal Desa Haurseah Kecamatan Argapura, Prili Ayu Kartika (4 tahun) Kelurahan Babakan Jawa Kecamatan Majalengka, dan Muhammad Azril Rafizki (14 bulan) Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati.

 

Kegiatan bakti kesehatan sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat, dalam upaya kesehatan dan wujud komitmen Polres Majalengka membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

 

Menurut Kusdinar operasi bibir sumbing menjadi salah satu prioritas yang dilakukan kepolisian pada HUT tahun ini, karena bibir sumbing berdasarkan keterangan medis akan menghambat tumbuh kembang anak karena akan mengalami gangguan pada beberapa persoalan kesehatan dan psikis.

 

“Anak akan kesulitan saat mengkonsumsi makanan baik saat mengunyah maupun menelan karena gangguan pada langit-langit," kata Kusdinar.

 

Dengan begitu lanjut dia, asupan makanan akan kurang baik diserap tubuh menyebabkan pertumbuhan badan kurang baik. “Selain itu konon akan mengalami kesulitan pendengaran akibat penumpukan cairan telinga, suara juga akan terganggu,” ungkap Kusdinar.

 

Jadi menurutnya, operasi bibir sumbing dinilai sangat prioritas sebagai bentuk kepedulian terhadap kemanusiaan agar mereka bisa tumbuh dengan baik tanpa gangguan fisik dan psikologis.

 

“Saat sekolah dan remaja mereka juga akan tumbuh dengan percaya diri seperti halnya anak-anak lainnya,” kata Kusdinar.

 

Tidak semua orang tua pula bisa melakukan operasi terhadap anaknya karena keterbatasan ekonomi, makanya kepolisian berupaya menyasar anak-anak dengan kondisi bibir sumbing untuk segera menjalani operasi.

 

Sementara itu orang tua yang anaknya mengalami bibir sumbing sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan untuk menjalani operasi di Rumah Sakit Bhayangkara Losarang, Indramayu.

 

“Dengan operasi anak mereka bisa tumbuh normal, sehat dan tidak minder saat remaja dan dewasa nanti,” katanya.(hsn)

 

 

 

 

 

 

Sumber: