Yamaha_detail

H Basirun Muncul Lagi, Akui Dapat Dukungan Preman hingga Kiai

H Basirun Muncul Lagi, Akui Dapat Dukungan Preman hingga Kiai

SIAP MAJU. AKP Purn H Basirun SH akui lebih siap maju kembali pada Pilkada Kota Cirebon 2024. --

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - AKP Purn H Basirun SH buka suara terkait kepemimpinan di Kota Cirebon. Menurut Basirun, roda pemerintahan di Kota Cirebon menuju ke arah yang kurang pas. Sosok yang pernah maju pada Pilkada Kota Cirebon 2013 menilai, Kota Cirebon butuh pemimpin yang amanah, tegas dan berani. 

 
Karena itu, Basirun menyatakan kesiapannya kembali meramaikan Pilkada Kota Cirebon 2024. Dengan harapan bisa menang kemudian membenahi Kota Cirebon dari dalam. 
 
"Kalau kita lihat perkembangan Kota Cirebon semua sudah paham dan tahu yang jelas kurang kondusif. Banyak kegiatan tidak sesuai aturan yang jelas, sehingga bermasalah," ujarnya, Selasa (21/6). 
 
Menurut Basirun, silang sengkarut permasalahan di Kota Cirebon dapat diselesaikan dengan gaya kepemimpinan yang tegas dan berani. Sebagai purnawirawan Polri, Basirun pun terbiasa mengambil keputusan beresiko tinggi. 
 
Pada Pilkada Kota Cirebon 2013, Basirun maju dari jalur independen bersanding dengan tokoh agama, M Soleh. Sayang, pencalonannya sebagai kandidat walikota terpaksa terhenti sebelum Pemilu digelar karena masih berstatus polisi aktif. 
 
Basirun telah purna tugas. Dan kini menjabat sebagai Ketua Dewan Majelis Syariah DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Cirebon. Basirun pun jauh lebih siap untuk maju lagi sebagai kandidat Walikota Cirebon.
 
"Insya Allah (maju Pilkada 2024) sesuai dengan harapan saya dan keluarga. Serta kawan-kawan yang mendukung.  Bismillah. Masih ada masyarakat Kota Cirebon yang mau saya maju. Dari berbagai kalangan, dari preman, guru, kiai. Termasuk para purnawirawan Polisi," jelasnya.
 
Meski ada kandidat lain dari partainya, Basirun tak risau. Mengingat pelaksanaan Pilkada yang masih relatif lama, persiapan untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas terus dilakukan. 
 
Basirun mengaku telah banyak memberi sumbangsih bagi Kota Cirebon. Terutama di bidang agama dan pendidikan. Dia mendirikan forum komunikasi guru ngaji serta terlibat dalam kegiatan keagamaan bersama MT Baitul Ilmu.
 
Di samping itu, Basirun juga rajin memberikan pemikirannya untuk memajukan Kota Cirebon dari level terkecil yakni RT/RW. (wan)

Sumber: