Propam Periksa Senpi hingga Tes Urine Anggota Polres Kuningan

Propam Periksa Senpi hingga Tes Urine Anggota Polres Kuningan

PERIKSA SENPI Petugas Propam Polres Kuningan melakukan pemeriksaan terhadap senjata api (senpi) hingga tes urine terhadap anggota kepolisian, akhir pekan kemarin.--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN– Petugas Propam Polres Kuningan melakukan pemeriksaan terhadap senjata api (senpi) hingga tes urine terhadap anggota kepolisian, akhir pekan kemarin. Kegiatan operasi penegakan ketertiban dan disiplin ini diadakan secara rutin baik di tingkat polres maupun polsek.

Kapolres Kuningan, AKBP Dhany Aryanda didampingi Kasi Humas Iptu Sukarno mengatakan, pelaksanaan operasi dilakukan kepada anggota kepolisian baik di polres hingga tingkat polsek. Sebagai penegak hukum dan pelaksana di lapangan, maka internal kepolisian wajib dibekali administrasi kelengkapan diri anggota.

“Operasi yang dilaksanakan propam ini dilakukan di Mapolres hingga Polsek Ciwaru dan Polsek Kuningan. Adapun identitas yang diperiksa oleh Seksi Propam adalah KTP, SIM, STNK, kartu anggota, serta kartu senpi bagi yang pegang senpi,” sebutnya.

Selain itu, pihaknya juga mengecek atribut yang dikenakan para anggota kepolisian maupun sikap dan tampang anggota.

“Misalnya seperti baju, rambut, kumis, dan jenggot. Karena sebagai anggota polri harus rapih dan sesuai dengan fungsi anggota yang diemban,” tandasnya.

Menurutnya, kegiatan operasi serupa akan terus dilakukan sebagai upaya pengawasan dan penegendalian terhadap anggota. Sekaligus meminimalisir pelanggaran yang dilakukan anggota kepolisian di lapangan.

“Semua ini agar anggota tidak ada yang melakukan pelanggaran tindak pidana, serta pelanggaran disiplin maupun kode etik profesi polri. Jangan ada anggota kepolisian yang melakukan penyalahgunaan wewenang, gratifikasi, dan penyalahgunaan narkotika,” tutupnya.(bud)

Sumber: