Pileg 2024 Nanti, PAN Siap Isi Gedung Legislatif

Pileg 2024 Nanti, PAN Siap Isi Gedung Legislatif

OPTIMIS. Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon, Heru Subagia menargetkan bisa meraih 1 fraksi di DPRD pada Pileg 2024 nanti.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – DPD PAN Kabupaten Cirebon memiliki target, bisa merampok dominasi partai politik (Parpol) di legislatif saat ini. Pasalnya, PAN beberapa periode sebelumnya, selalu absen. Tak ada perwakilannya di legislatif. Tapi, pemilihan legislatif (Pileg) 2024 nanti, menjadi pertarungan terbuka bagi semua parpol. Termasuk PAN.

Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon, Heru Subagia mengharapkan PAN bisa meraih perolehan suara sebanyak mungkin. Targetnya bisa meraih satu fraksi. Minimal 5 kursi bisa diboyong partai berlambang matahari di Pileg nanti.

“Rakerda kali ini, penekanannya bagaimana kita bisa mendudukan kader PAN di legislatif. Satu fraksi kita targetkan bisa dicapai. Minimal 5 kursi kita dapatkan,” kata Heru, usai menggelar Rakerda PAN Kabupaten Cirebon, Minggu (26/6).

Makanya, berbagai persiapan dilakukan. Diawali dengan persiapan verifikasi vaktual. Kemudian persiapan terkait dengan pencalegan. Heru mengaku sudah mengantongi beberapa nama yang akan berkontestasi di pemilihan legislatif (Pileg). Semuanya berpotensi bisa mendapat simpati masyarakat dan lolos duduk di legislatif. 

“Sudah ada beberapa nama yang bersedia mencalegkan melalui PAN. Ada mantan kuwu, aktivis UMKM, LSM dan kalangan professional,” katanya.

Secara kelembagaan, PAN sangat siap memberikan panggung kepada kader terbaik bangsa menjadi bagian dari keluarga besar Bakal Caleg yang didaftarkan PAN.

“Setiap dapilnya sudah terisi. Rata-rata sudah 4 sampai 5 bacaleg. Mereka itu, bukan caleg abal-abal. Potensial semua,” katanya. 

PAN hari ini, terang politisi yang kebetulan dosen disalah satu universitas itu, dalam proses pencalegannya itu, akan terintegrasi dengan caleg untui DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Semua itu, dilakukan demi pencapaian perolehan suara yang konfrehensif. Tidak lagi parsial per wilayah.

“Jadi, kedepan PAN dimulai dari proses pencalegan, akan terintegrasi. Pusat, Provinsi dan Daerah harus bersinergi,” katanya.

Langkah itu, sebagai bagian dari keseriusan PAN. Tidak ingin membuang-buang anggaran hanya untuk berpestapora. Namun tidak memiliki visi mendudukan kader PAN.

“Nanti, kita akan diberikan senjata, diberikan strategi untuk bisa memenangkannya secara terukur,” tuturnya.  

Selain itu, lanjut Heru, dalam agenda Rakerda kali ini, terdapat bahasan berkaitan dengan pencapresan. “Ini Rakerda paling heboh, se Kota/Kabupaten Karena dihadiri salah satu calon presiden  langsung yakni Ir Soenoto. Kita mengusulkan, ada beberapa nama-nama yang akan kita rekomendasikan dari DPD PAN Kabupaten Cirebon. Pertama, Ganjar Pranowo. Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ir Sunoto kader PAN lokal yang mempunyai kapasitas global. Kemudian Anis Baswedan,” katanya.

PAN ini lanjut Heru, sebagai partai yang sangat terbuka. Termasuk dalam menerima masukan dari kader. Setiap masukan diterima. 

“PAN hari ini, menjadi paropol yang sangat dinamis. Sangat terbuka. Tidak menutup diri. Termasuk menyerap aspirasi dari kader,” pungkasnya. (zen)

Sumber: