996 Pelajar Indramayu Berebut Medali di 12 Cabang Olahraga

996 Pelajar Indramayu Berebut Medali di 12 Cabang Olahraga

GALI POTENSI. Peserta Bupati Cup Olahraga Pelajar 2022 berfoto bersama dengan Bupati Indramayu Nina Agustina saat pembukaan yang berlangsung di GOR Dharma Ayu. Kejuaraan BCOP tahun ini melibatkan 1.269 orang. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKJYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU-Sebanyak 996 atlet dari kalangan pelajar berlaga dalam ajang Kejuaraan Bupati Cup Olahraga Pelajar (BCOP) tahun 2022.

BCOP yang dibuka pada Senin (27/6) di GOR Dharma Ayu ini, memperlombakan 12 cabang olahraga (cabor).

Kejuaraan BCOP 2022 melibatkan 1.269 orang. Terdiri dari 237 orang sebagai panitia, juri dan wasit. Sedangkan atlet pelajar sebanyak 996 peserta yang akan berlaga di 12 cabor.

Adapun masing-masing cabor diikuti oleh peserta dengan jumlah bervariasi. Rinciannya, atletik 209 peserta, voli pasir 128 peserta, karate 150 peserta, taekwondo 100 peserta, silat 170 peserta, tinju 12 Peserta, tarung derajat 36 peserta, judo 45 peserta, dayung 35 peserta, angkat besi 11 peserta, renang 30 peserta, dan gulat 30 peserta.

Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, dalam penyelenggaraan BOCP 2022 ada banyak potensi olahraga yang dimiliki para pelajar di Kabupaten Indramayu.

Sehingga dengan kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menggali sekaligus mengembangkan potensinya. Terlebih lagi, olahraga merupakan aktivitas yang baik untuk kesehatan dan dapat menjadi sarana pembentukan karakter dan kepribadian para pemuda.

“Dengan banyak melakukan aktivitas olahraga akan terbentuk generasi muda yang sehat dan kuat. Dan juga olahraga dapat menjadi jembatan untuk mengukir prestasi. Seperti, halnya peserta yang ikut dalam Kejuaraan Bupati Cup Olahraga Pelajar Tahun 2022 ini,” jelasnya.

Nina berharap, penyelenggaraan BOCP 2022 dapat menjadi media seleksi atlet-atlet terbaik untuk berlaga di jenjang yang lebih tinggi di waktu yang mendatang.

Baik untuk pusat pendidikan dan latihan pelajaran daerah, maupun untuk seleksi atlet pekan olahraga pelajar daerah.

Ia berpesan, para peserta agar pada saat pertandingan tetap menjunjung tinggi sportivitas. “Untuk para atlet yang berasal dari pelajar se-Kabupaten Indramayu, agar bertanding dengan sungguh-sungguh dan menjunjung tinggi sportivitas sesuai dengan janji atlet yang dibacakan sebelumnya. Begitu juga untuk para panitia, juri dan wasit agar dapat menjunjung nilai-nilai sportivitas agar dapat menjaring atlet-atlet terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispara) Kabupaten Indramayu, Tri Nani Rochaeni menyampaikan, Kejuaraan BCOP 2022 ini secara langsung akan menjaring atlet muda yang potensial.

Serta sebagai ajang seleksi atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) dalam menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) maupun Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

“Kegiatan ini sebagai upaya pembinaan atlet secara bertahap, berjenjang dan berkesinambungan. Melalui kegiatan ini juga dapat menumbuh kembangkan minat bakat pelajar untuk berolahraga,” tandasnya. (tar)

Sumber: