KPU Berharap Partisipasi Masyarakat Meningkat

KPU Berharap Partisipasi Masyarakat Meningkat

PERDANA. KPU Kabupatyen Indramayu melakukan sosialisasi PKPU 3/2022 di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu dan disaksikan di semua kantor kecamatan melalui zoom meeting.--

“Mudah-mudahan tahun 2024 penyelenggaraan pemilu dan pemilihan ini bisa tetap dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan tentu dalam kondisi kondusif, aman dan angka partisipasi meningkat,” ucapnya.

Komisioner Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Barat, Endun Abdul Haq mengapresiasi Pemkab Indramayu yang telah memfasilitasi kegiatan sosialisasi. 

“Indramayu menjadi yang pertama dan pionir di Jawa Barat. Karena, sosialisasi PKPU Nomor 3 tahun 2022 ini dihadiri unsur dinas, camat dan kuwu,” sebutnya.

Dia menuturkan, awal tahapan Pemilu 2024 dimulai pada Juni 2022 yang meliputi penyusunan PKPU. Kemudian akhir Juli 2022 nanti dilaksanakan verifikasi parpol, Oktober 2022 pemutakhiran data pemilih, penetapan daerah pemilihan (dapil), dan alokasi kursi.

“Dalam PKPU Nomor 3 tahun 2022 ini yaitu terdapat pemangkasan masa kampanye peserta pemilu yang awalnya diusulkan 120 hari kemudian dikurangi menjadi 90 hari dan ditetapkan menjadi 75 hari,” imbuhnya. (tar)

Sumber: