Hasil Survei Charta Politika; Ridwan Kamil Lemah di Pilpres, Kuat di Pilgub

Hasil Survei Charta Politika; Ridwan Kamil Lemah di Pilpres, Kuat di Pilgub

Ridwan Kamil--

RAKYATCIREBON.ID, BANDUNG - Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai calon presiden (capres) dalam survei di Jawa Barat, kalah dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Tetapi, lain cerita bila Ridwan Kamil kembali mencalonkan sebagai gubernur, elektabilitas Kang Emil jauh dari lawan-lawannya.

Saingan terberat andai Pilgub Jabar dilakukan hari ini, hanya Dedi Mulyadi. Berbeda, bila Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Elektabilitas Ridwan Kamil kembali  ada di urutan tertinggi mengalahkan kandidat lainnya. Saingan terberatnya hanya Sandiaga Uno. 

Dari survei yang dilakukan Charta Politika di Provinsi Jawa Barat, periode Juni 2022, setidaknya menjadi gambaran bila pemilihan kepala daerah Jawa Barat dilaksanakan saat ini.

Terlihat elektabilitas Ridwan Kamil mencapai 44,3 persen mengalahkan Dedi Mulyadi yang ada di urutan dua dengan 29,3 persen dan Dedi Mizwar 5,7 persen.

Untuk kategori pemilihan presiden di wilayah Jawa Barat, elektabilitas Prabowo Subianto masih yang tertinggi dengan 26,9 persen disusul Anies Baswedan dengan 22,0 persen.

Di peringkat ketiga, barulah Ridwan Kamil dengan elektabilitas 19,5 persen. Unggul tipis dari Ganjar Pranowo dengan 15,2 persen.

Bila Ridwan Kamil menjadi calon wakil presiden, elektabilitas mantan walikota Bandung itu, juga melejit hingga 38 persen.

Disusul oleh Sandiaga Uno dengan 18,7 persen dan Agus Harimurti Yudhoyono dengan 9,1 persen, serta Erick Thohir dengan 6,4 persen.

Untuk kategori partai politik, Partai Gerindra masih menjadi yang terbanyak dipilih bila pemilihan legislatif dilaksanakan hari ini dengan keterpilihan 19,9 persen.

Disusul PDI Perjuangan dengan 16,4 persen, PKS 12,4 persen, Partai Golkar 11,4 persen dan PKB 6,3 persen.

Dalam siaran pers yang dipublikasikan Charta Politika, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah di Jawa Barat tergolong cukup baik, berada pada angka 64%.

Terkait dengan Pemilu 2024 mendatang, lebih dari 70% responden menyatakan mengetahui hal ini. Pengetahuan publik sudah cukup merata di Jawa Barat.

Tingkat penolakan responden terhadap penundaan pelaksanaan Pemilu 2024 sangat tinggi di Jawa Barat.

Pada sisi elektabilitas calon Presiden, Prabowo Subianto mendapatkan pilihan tertinggi. Diikuti oleh Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo.

Kategori calon Wakil Presiden, Ridwan Kamil menjadi pilihan tertinggi responden, jauh berada di atas nama-nama lainnya, seperti Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono ataupun Erick Thohir.

Sementara pilihan partai politik, sampai dengan saat periode dilakukan Gerindra, PDIP, PKS, Golkar dan PKB menjadi 5 partai politik tertinggi pilihan publik. (yud)

Sumber: