PKB Usung Kader Internal, Siap Bertarung di Pilwalkot Cirebon

PKB Usung Kader Internal, Siap Bertarung di Pilwalkot Cirebon

KADER SENDIRI. Ketua DPC PKB Kota Cirebon, Syaifurrohman berbincang dengan Sekretaris Dewan Syura DPW PKB Jawa Barat, Muhamad Sidkon Djampi saat berkunjung ke Kantor DPC. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Meski Pilkada Kota Cirebon 2024 masih jauh, namun partai politik (Parpol) mulai memunculkan sosok potensial yang digadang-gadang bakal maju menuju kursi E1.

Sedikit demi sedikit, kader terbaik dari masing-masing parpol sudah mulai muncul dan disebut. Bahkan, beberapa parpol sudah merekomendasikan nama-nama, melalui musyawarah partai untuk diajukan ke tingkat pusat.

Terlebih lagi, habisnya masa jabatan dua periode dari Walikota Cirebon saat ini, membuat Drs H Nashrudin Azis SH tidak bisa ikut kontestasi lagi. Sehingga bursa pencalonan akan lebih menarik.

Seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pemilik dua kursi di DPRD Kota Cirebon tersebut juga dipastikan akan mendorong kader terbaiknya untuk bersaing di jalur konstitusional pilkada.

Seperti penegasan Sekretaris Dewan Syura DPW PKB Jawa Barat, Muhamad Sidkon Djampi. Dia memastikan bahwa PKB akan mendorong kader potensial untuk maju di pemilihan kepala daerah tingkat kota dan kabupaten, termasuk di Kota Cirebon.

"Tentu kami akan mengusulkan kader sendiri untuk maju di pilkada tingkat kota dan kabupaten," ungkap Sidkon saat berkunjung ke Kota Cirebon, kemarin.

Di Kota Cirebon, lanjut Sidkon, ia melihat banyak kader PKB yang sangat potensial, dan memiliki kans untuk didorong maju di Pilwalkot Cirebon 2024. "Siapapun nanti orangnya, yang pasti harus kader PKB," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kota Cirebon Syaifurrahman, dipastikan menjadi satu nama yang bakal didorong maju.

Menyadari posisinya sebagai orang nomor satu di PKB Kota Cirebon, Gus Ipul, sapaan akrabnya pun terang-terangan menyatakan siap maju dan bertarung di pilwalkot mendatang.

Bukan tanpa modal, dua periode di Griya Sawala, setidaknya menjadikannya dewasa dan memahami perpolitikan di Kota Cirebon. Ia pun mengakui banyak simpatisan yang memberikan dorongan untuk maju.

"Saya yakin, saya maju di Pilkada 2024. Banyak dorongan terutama dari internal PKB. Berbagai kalangan sudah memberikan alasan agar saya maju," ucap Gus Ipul.

Dikatakan Gus Ipul, baik secara partai maupun pribadi, persiapan menjelang pesta demokrasi tingkat Kota Cirebon telah disiapkan, termasuk dalam hal penjaringan bacaleg. PKB tengah mencermati beberapa tokoh masyarakat, baik dari kader, simpatisan, maupun di luar partai.

"Persiapan harus dari sekarang, karena 2024 sebentar lagi. Saya juga terus mengamati perkembangan peta politik khususnya di Kota Cirebon," jelasnya.

Namun demikian, ia pun tak mau sesumbar. Karena sesuai prinsipnya, PKB adalah partai yang sangat demokratis dalam mengambil keputusan. Termasuk memutuskan siapa nanti yang akan didorong maju di pilkada.

"PKB partai yang demokratis. Kader yang maju tentu melalui hasil keputusan bersama, serta melalui mekanisme partai yang sudah diatur dalam AD ART," imbuh Gus Ipul. (sep)

Sumber: