Hujan Deras, Jalan Penghubung Desa Cipedes Tertutup Longsor

Hujan Deras, Jalan Penghubung Desa Cipedes Tertutup Longsor

TANAH LONGSOR. Akses jalan penghubung antar desa di Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan tertutup material tanah longsor usai diguyur hujan deras, kemarin.--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN- Akses jalan penghubung antar desa di Kabupaten Kuningan, tertutup material tanah longsor usai diguyur hujan deras. Lokasi terjadinya longsor berada di perlintasan jalan Desa Cipedes menuju Desa Ciniru di Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan.

Kapolsek Ciniru, Iptu Sukendri mengatakan, tanah longsor dipicu hujan yang turun dengan intensitas cukup lama. Akibatnya, tebing setinggi 10 meter longsor dan menimpa badan jalan penghubung antar desa. “Kejadian itu sore, tiba-tiba longsor hingga mengakibatkan badan jalan tertutup. Sehingga sementara waktu tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor,” ucapnya.

Meski terjadi longsor, namun tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka. Sebab jalan dalam keadaan sepi, tak ada pengendara yang melintas saat kejadian. “Alhamdulillah saat kejadian, tidak ada kendaraan yang melintas sehingga tidak ada korban jiwa. Kami bersama masyarakat langsung melakukan pembersihan material longsoran yang menutupi badan jalan,” terang Sukendri, Selasa (19/7)

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana membenarkan adanya kejadian longsor yang menutup akses jalan penghubung antar desa di wilayah Ciniru. Tim BPBD sudah melakukan assessment, termasuk membantu dalam penanganan darurat kebencanaan. “Saat ini di lokasi sudah dilakukan penanganan untuk mengeruk material longsoran tanah. Pengerukan mempergunakan alat berat bersama petugas gabungan,” sebut pria yang akrab disapa Ibe tersebut.

Akibat tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor, pihaknya mengimbau agar masyarakat menggunakan jalur alternatif lain melalui Desa Pamupukan menuju Desa Cipedes. Sebab akses jalan ditutup untuk sementara waktu hingga pengerukan material tanah longsor selesai. (fik)

 

Sumber: