5 Jamaah Haji Kloter 11 Positif Covid-19

5 Jamaah Haji Kloter 11 Positif Covid-19

SELAMAT. Rombongan haji kloter 11 asal Kabupaten Majalengka telah kembali seusai menunaikan ibadah haji, Sabtu (23/7)--

RAKYATCIREBON.IDMAJALENGKA - Sebanyak 410 orang jamaah haji Majalengka kloter 11 sudah tiba, dan lima jamaah dinyatakan positif Covid-19 sehingga harus menjalani masa karantina.

“Lima orang jamaah haji asal Majalengka dinyatakan positif usai dilakukan swab oleh KKP Embarkasi Bekasi,” ujar Ketua Tim Penyelenggara Kesehatan Haji Majalengka Agus Susanto, Sabtu (23/7).

Agus menambahkan, lima orang jamaah haji Majalengka ini terpaksa dipisahkan dan harus melaksanakan isolasi mandiri dengan pemantauan dari petugas medis. Kelima jamaah itu dua orang dari Kecamatan Kasokandel, satu orang dari Kecamatan Talaga, dan satu orang kecamatan Kadipaten.

“Pemeriksaan Covid-19 ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Majalengka. Dari 410 orang calon jamaah haji, hanya 5 orang yang terpapar virus Covid-19,” ungkapnya.

Sementara Bupati Majalengka H Karna Sobahi memerintahkan agar jamaah haji yang terpapar itu terus dipantau perkembangan kesehatannya. “Kesehatannya harus kembali dulu, baru kemudian pulang bertemu keluarga,” ucapnya.

Bupati Karna mengucapkan selamat menjadi haji yang mabrur dan selamat bertemu kembali dengan keluarga. “Kita doakan satu jamaah haji asal Majalengka yang meninggal dunia, diterima iman dan Islamnya,” ucap Bupati Majalengka.

Terpisah, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Majalengka H Heru Hoerudin mengatakan, jamaah positif Covid-19 masuk bis cadangan. “Lima orang dinyatakan positif Covid-19. Selebihnya jamaah yang negatif masuk bis berdasarkan KBIH dan pulang bertemu keluarga di Majalengka,” ujarnya.

Sementara itu, kepulangan jamaah haji asal Kabupaten Majalengka dari tanah suci disambut isak tangis keluarga. Mereka bersyukur keluarganya bisa kembali dengan selamat usai melaksanakan ibadah haji.

Salah satunya yang terlihat pada proses kepulangan jemaah haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Kecamatan Cigasong, Sabtu (23/7).

Bus yang tiba di lokasi sekitar pukul 16.30 WIB langsung disambut para anggota keluarga. Setiap jamaah haji yang turun dari bus jemputan, langsung disambut teriakan anggota keluarga yang telah menunggu. Mereka langsung saling berpelukan sambil menangis sebagai ungkapan bahagia. Ini merupakan kloter 11 yang pertama dari dua kloter kepulangan di Majalengka.

Salah seorang penjemput, Rida (25) mengaku terharu dan bersyukur karena saudaranya bisa kembali ke tanah air dengan selamat. “Saya menunggu sekitar satu jam di sini (alun-alun Cigasong) dan Alhamdulillah pas pukul 16.30 WIB Bus yang bawa saudara saya datang dan bisa bertemu kembali,” ujar Rida warga Desa Cipendeuy Kecamatan Bantarujeg, Sabtu (23/7).

Sementara, petugas haji Kloter 11 yang ada di rombongan KBIH Cigasong, Jejep Falahul Alam menyampaikan ada 54 jemaah dalam rombongannya. Pihaknya bersyukur, seluruhnya dalam keadaan sehat dan tidak ada yang dinyatakan positif Covid-19.

“Alhamdulillah rombongan di bus kami tidak ada yang positif, tapi katanya ada 5 orang jemaah asal Majalengka yang dinyatakan positif. Mereka dipisahkan pulangnya,” ucapnya. (hsn)

Sumber: