Kontribusi Pesantren Bagi Dunia Pendidikan

Kontribusi Pesantren Bagi Dunia Pendidikan

DIRESMIKAN. Pemotongan pita dibukanya Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al-Muqoddas 2 Putri, yang berada di Desa Wanasaba Kidul, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al-Muqoddas 2 Putri yang berada di Desa Wanasaba Kidul, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, telah diresmikan. Pengembangan ponpes yang induknya di Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber ini sebagai wujud kontribusi pesantren di dunia pendidikan.

Pengasuh Ponpes Modern Al-Muqoddas, KH Ahmad Aidin Tamim menjelaskan, Ponpes Al-Muqoddas 2 Putri ini merupakan pengembangan dari Al Muqoddas 1 di Tukmudal. Menurutnya, setiap pesantren memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri. Termasuk pesantren yang didirikannya.

"Keunggulan kita, model Gontor. Tapi kita punya kekhususan yang berbeda dengan Gontor," kata Aidin.

Misalnya terang Aidin, jika di Ponpes Gontor tidak ada keunggulan menghafal Al-Quran, di pesantrennya ada. Para santrinya difasilitasi yang menghafal Al-Quran. Bahkan ada kewajiban bagi santri, minimalnya hafal 3 juz jika sudah tamat menimba ilmu di pesantrennya.

"Harapan kami Al-Muqoddas bisa lebih berkiprah dan memberikan kontribusi terhadap bangsa terkait dengan pergerakannya di dunia pendidikan,” katanya.

Saat ini, jumlah santri yang ada di pesantrennya sudah mencapai 440 anak. Mereka datang dari berbagai kota. Selain wilayah III Cirebon banyak juga yang dari Karawang, Subang, Bekasi, Depok, Jakarta, Banten. Untuk luar pulaunya ada yang dari Jambi, Makasar, hingga Ternate.

"Ada seleksi yang diberlakukan saat masuk. Kemampuan baca tulis Al-Quran. Itu modal utama. Di samping itu ada tes matematika, bahas Indonesia dan praktik ibadah. Kita punya standar. Makanya tes dilaksanakan sebagai seleksi," ungkap Kiai Aidin.

Dalam persemian tersebut, dihadiri ratusan wali santri, puluhan perwakilan pengasuh ponpes di Kabupaten Cirebon, Kabag Kesra Pemda, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, HM Luthfi MSi, dan KH Ahsin Sakho Muhammad yang mengisi tausiyah.

Usai kegiatan, KH Ahsin Sakho Muhammad menyampaikan, keberadaan Ponpes Modern Al-Muqoddas 2 Putri tentu berdampak positif. Karena dengan munculnya pesantren akan mencerdaskan masyarakat dan memberikan warna keagamaan di masyarakat. 

"Masyarakat dan Pemda perlu bersyukur hadirnya Al-Muqoddas. Karena pastinya akan banyak kegiatan di sekitar sini. Apalagi Al-Muqodas memberikan kekhususan bagi masyarakat sekitar yang ingin mondok," ungkapnya.

Apalagi, lanjut dia, jika di setiap kegiatannya mengadakan santunan bagi yatim piatu. "Kondisi pesantren di Cirebon ini masih ada yang memegang warna salaf, tradisional, ada juga yang modern. Biarkan masyarakat memilih sendiri," katanya. (zen)

Sumber: