Mahasiswa Ajak Dua Instansi Pemda ke Desa

Mahasiswa Ajak Dua Instansi Pemda ke Desa

SINERGI. Mahasiswa KKN Unwir bersama perwakilan Diskominfo dan BKPSDM serta Pemdes Puntang usai memberikan pemahaman pemanfaatan internet kepada masyarakat setempat.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu didaulat sebagai narasumber oleh para mahasiswa. 

Kedua instansi pemerintah daerah ini memberikan pemahaman pemanfaatan internet kepada masyarakat di Desa Puntang, Kecamatan Losarang.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk sosialisasi yang menekankan pemanfaatan internet guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kepala Diskominfo Kabupaten Indramayu Aan Hendrajana yang diwakili Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (Kabid IKP) Agus Muttaqien menjelaskan, pemanfaatan internet sebagai sarana untuk mengembangkan diri menjadi cerdas, kreatif dan produktif. “Internet memiliki dua sisi. Sisi baik dan sisi buruk,” sebutnya.

Sisi baiknya, kata dia, yaitu adanya bermacam informasi yang membangun dan mencerdaskan. Internet juga dapat menjadi sarana untuk aktualisasi diri. 

Namun sisi buruk internet juga ada. Diantaranya, menjadi ajang judi, pornografi, dan juga sarana penyebar berita bohong atau hoaks.

“Ibarat sebuah pisau. Di tangan seorang ibu di dapur, pisau menjadi alat bantu menyiapkan masakan. Namun di tangan orang yang berhati jahat, pisau dapat menjadi alat pembunuh,” ungkapnya.

Dia berharap, para mahasiswa dan peserta sosialisasi untuk dapat memanfaatkan internet dengan bijak, dan bermedia dengan sehat. “Ini penting untuk menangkal berita-berita hoax yang sangat mudah menyebar di kalangan masyarakat,” kata dia.

Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Indramayu, Ari Risdianto yang diwakili Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi, Sukma Citra Pertiwi mengatakan, pemanfaatan internet sebagai sarana mempermudah kehidupan manusia. 

Bahkan, kata dia, pemanfaatan internet oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu diterapkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Beberapa program berbasis internet yang telah diluncurkan pemerintah daerah diantaranya Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta) dan Lebu Digital (Le-Dig). 

Keduanya merupakan bagian dari 10 program unggulan yang dicanangkan Bupati Indramayu, Nina Agustina.

“Dengan program I-Ceta, masyarakat dapat semakin mudah melaporkan permasalahan yang terjadi di wilayahnya untuk segera memperoleh tindak lanjut. Sedangkan melalui program Lebu Digital, diharapkan pelayanan pemerintah desa kepada masyarakatnya menjadi semakin mudah, semakin baik, dan semakin meningkat,” ujarnya.

Sumber: