Rekrutmen Bacaleg PAN Kota Cirebon Sudah 80 Persen

Rekrutmen Bacaleg PAN Kota Cirebon Sudah 80 Persen

Dani Mardani, Ketua DPD PAN Kota Cirebon--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Jika Partai Golkar di Kota Cirebon baru melakukan penjaringan bacaleg internal, dan baru akan mulai membuka untuk eksternal, maka Partai Amanat Nasional (PAN) sudah selangkah lebih terdepan dalam penjaringan bacaleg.

Bahkan, dengan menggunakan skema lima dapil, sebagaimana wacana penyesuaian dapil yang disuarakan KPU, PAN sudah memiliki nama-nama unggulan di setiap dapilnya. Sehingga satu kursi di setiap dapil. Berapa pun dapil yang ditetapkan, PAN menjadi salah satu partai yang paling siap.

“Untuk progres penjaringan bacaleg, kita sudah 80 persen, dengan memakai skema lima dapil,” jelas Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Cirebon, Dani Mardani kepada Rakyat Cirebon.

Progres sementara, disebutkan Dani, dengan asumsi lima dapil, untuk Dapil Argasunya-Kalijaga, PAN sudah memiliki delapan nama unggulan.

“Di Harjamukti-Larangan-Kecapi, itu baru lima caleg, dari delapan. Dapil Kesambi, dari delapan sudah tujuh nama. Dapil Pekalipan-Kejaksan sudah enam nama. Lemahwungkuk baru empat nama. Yang masih kurang Lemahwungkuk, Harjamukti sama Kesambi. Tapi tinggal satu atau dua nama lagi,” sebutnya.

Meskipun sudah mencapai 80 persen, PAN masih terbuka dan terus mencari nama-nama potensil yang akan maju di pileg melalui PAN. Maka dari itu, PAN tidak menerapkan batas maksimal dalam penjaringan bacaleg.

PAN, dikatakan Dani, melakukan rekrutmen bacaleg sebanyak-banyaknya. Kemudian akan ada semacam penyaringan. Sehingga yang tersaring adalah nama-nama potensial yang memiliki modal-modal sosial dan berpeluang memenangkan minimal satu kursi di setiap dapil.

“Kita tidak merekrut sesuai jumlah, tapi sebanyak-banyaknya. Kemudian kita saring, kita ambil caleg yang berkualitas, tidak hanya secara intelektual, tapi juga memiliki daya juang kuat. Bentuk penyaringannya, kita kan sudah membentuk KPPD, Komite Pemenangan Pemilu Daerah, KPPD sejak Februari, launching pendaftaran, kita hunting caleg saja. Nanti diseleksi. Dari sisi kemampuan, kesiapan. Artinya, modal kita sederhana, modal intelektual, modal finansial dan modal sosial,” paparnya.

Sementara itu, ditambahkan Dani, PAN sendiri, di tingkat DPP sampai kemarin belum melakukan pendaftaran ke KPU sebagai calon peserta pemilu. Direncanakan, baru akan mendaftar hari ini, Rabu tanggal 10 Agustus.

“Besok Rabu (hari ini, red) rencananya DPP PAN akan daftar ke KPU bersama mitra partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Berdasarkan informasi DPP saat Rakerwil di Jakarta, Rabu besok, tanggal 10. PAN, Golkar dan PPP, itu akan daftar bersama ke KPU sebagai peserta pemilu,” ujar Dani.

“Di Daerah, kami dapat instruksi, lebih kepada untuk membangun komunikasi dengan mitra koalisi, dengan Golkar dan PPP. Dan itu sudah kami lakukan. Walaupun belum secara terbuka. Koalisi ini, sementara lebih kepada pilpres ya,” imbuhnya. (sep)

Sumber: