Ekspedisi Kebangsaan Bawa Misi Kemerdekaan

Ekspedisi Kebangsaan Bawa Misi Kemerdekaan

EKSPEDISI KEBANGSAAN. Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH bersama jajaran Forkopimda melepas ‘Ekspedisi Kebangsaan’ yang akan membawa misi dengan berjalan kaki dari Cirebon ke Gedung Sate, Bandung. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Setelah dua tahun tak dilaksanakan secara meriah karena kondisi pandemi, hingar bingar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia tahun 2022 ini kembali terasa.

Termasuk Pemkot Cirebon. Tahun ini kembali melaksanakan rangkaian HUT dengan meriah. Diawali dengan melaksanakan Upacara Hari Kemerdekaan RI tingkat Kota Cirebon di Lapangan Madya Komplek Stadion Bima, dilanjut dengan upacara HUT RI di Istana Presiden melalui virtual.

“Tahun ini kemeriahan HUT RI lebih terasa, setelah kita kembali diperbolehkan mengekspresikan rasa syukur terhadap kemeerdekaan. Maka tahun ini, kami selenggarakan HUT ke-77 RI secara maksimal,” ungkap Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH, kemarin.

Tak hanya itu, pada momentum HUT ke-77 RI kali ini, Pemkot Cirebon juga melakukan gebrakan, melakukan sebuah perjalanan bertajuk “Ekspedisi Kebangsaan”.

Ekspedisi yang dimaksud, Pemkot Cirebon melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, mengambil start di Kota Cirebon dan mengejar finish di Gedung Sate, Bandung.

BACA JUGA:HUT RI di Kecamatan Waled Semarak, Tanding Bola Voli antar Instansi Seru

Ekspedisi Kebangsaan ini, dijelaskan Azis, akan membawa beberapa misi. Selain dilakukan untuk menyambut Hari Jadi ke-77Jawa Barat yang akan jatuh pada tanggal 19 Agustus, menjadi salah satu kemeriahan HUT ke-77 RI dan Hari Jadi ke-653 Cirebon.

Misi utama yang akan dibawa dari Kota Cirebon ke Gedung Sate, kata Azis, adalah membawa pesan dari ribuan pelajar di Kota Cirebon. Pada momentum upacara kemarin, mereka membubuhkan tanda tangan, menyampaikan terima kasih atas kepemimpinan dari para pemimpin yang mencintai rakyatnya.

“Selain itu, kami juga ingin sampaikam pesan, kalau kita ingin menyongsong Indonesia Emas tahun 2045, maka stunting harus bisa ditekan habis. Karena generasi saat inilah yang akan mengisi kepemimpinan 2045. Jadi kami akan berjalan untuk mengampanyekan stop stunting,” jelas Azis.

Teknisnya, ekspedisi kebangsaan ini akan berjalan dengan melalui lima daerah, mulai dari Kabupaten Cirebon, Majalengka, Sumedang, Kabupaten Bandung hingga sampai di Kota Bandung. Sepanjang perjalanan, akan dibuat 11 etape, dan di setiap etape, para pembawa misi akan berjalan kaki secara bergantian.

“Ada 11 etape, kita berangkat jam 11 dari Kota Cirebon. Dan diprediksi sampai di Bandung besok, Kamis sekitar jam 10 malam. Kita melewati beberapa pemda, dan sudah dikonfirmasi. Di sepanjang lintasan, pemda setempat akan menyambut kita dan kita akan memberikan bantuan. Ada sekitar 100 paket untuk setiap titik,” tutur Azis.

BACA JUGA:Perayaan HUT RI di Desa Sampih, Perempuan yang Berusia 77 Tahun Terima Hadiah Spesial

Dirinya sendiri, dikatakan Azis, akan mengawal langsung ekspedisi kebangsaan sampai di Kota Bandung. Direncanakan, akan disambut langsung oleh Gubernur Jawa Barat, HM Ridwan Kamil di Gedung Sate.

“Saya akan kawal mulai start, sampai akhir di Bandung, tapi tidak dengan berjalan kaki, karena dari hasil cek kesehatan, saya tidak mendapat rekomendasi. Tapi semua akan saya kawal langsung para pejalan kaki yang melewati jarak Cirebon-Bandung sekitar 127 kilometer yang akan ditempuh dalam 29 jam, ada 11 etape. Jadi sekitar 12 kilometer akan bergantian membawa misi mulia yang akan disampaikan kepada pak Gubernur,” ucapnya. 

Sumber: