Fakultas Agama Islam Unwir Belajar Perkuat Kendali Mutu

Fakultas Agama Islam Unwir Belajar Perkuat Kendali Mutu

STUDI BANDING. Perkuat kendali mutu dan persiapan hadapi akreditasi prodi, Fakultas Agama Islam Unwir studi banding ke LPM IAIN Cirebon, Selasa (6/9).--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID- Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra (Unwir) melakukan studi banding (external benchmarking) ke Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Selasa (6/9). Kegiatan itu bagian dari penjajakan kerja sama kedua perguruan tinggi.
 
Wakil Dekan Fakultas Agama Islam Unwir, Ibnudin Fauzan mengatakan studi banding dilakukan untuk mempersiapkan akreditasi program studi dan memperluas wawasan tentang kendali mutu. LPM IAIN Cirebon pun dipilih lantaran menjadi rujukan prioritas di Ciayumajakuning. 
 
Adapun materi dalam studi banding, kata Fauzan, meliputi persiapan akreditasi prodi, sistem penjaminan mutu internal dan keberlanjutan program penjaminan mutu
 
"Kunjungan ini dalam rangka eksternal benchmarking dan studi banding mengingat beberapa prodi pada Fakultas Agama Islam akan melakukan reakreditasi, sehingga kami melakukan kunjungan ke LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk menggali, dan sharing gagasan baru terkait penjaminan mutu," ujarnya. 
 
 
Fauzan berharap, bakal tercipta budaya mutu yang baik di lingkungan Fakultas Ahama Islam Unwir. "Karena kami melihat dari website yang dimiliki LPM IAIN Cirebon yang sangat komprehensif, terutama untuk menopang akreditasi eksternal," tambah Fauzan.
 
Sementara itu, Ketua LPM IAIN Cirebon, Ayus Ahmad Yusuf menjelaskan, kunjungan ini merupakan momen saling tukar pengalaman kedua perguruan tinggi. Terutama yang berkaitan dengan keperluan untuk menghadapi akreditasi.
 
Dan khususnya terkait bagaimana menciptakan budaya mutu, memperkuat sistem jaminan mutu internal dan juga memperkuat sistem informasi terkait dengan penjaminan mutu.
 
“Alhamdulillah teman-teman dari Universitas Wiralodra Indramayu sangat antusias dan ingin menjalin kerjasama terkait audit mutu internal dan optimalisasi dalam peran gugus kendali mutu dan gugus mutu," kata Ayus.
 
 
Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, LPM IAIN Cirebon akan melakukan kerjasama dengan LPM Uniwir  terkait dengan kegiatan audit mutu internal. 
 
"Karena IAIN Cirebon sudah mempunyai beberapa tenaga auditor yang sudah memiliki sertifikat fasilitator SPMI, sehingga bisa melakukan pendampingan ataupun juga membantu kegiatan audit di perguruan tinggi lain," pungkas Ayus. (wan)

Sumber: