Kerahkan Tim Pemadam, Kilang Balongan Beroperasi Normal

Kerahkan Tim Pemadam, Kilang Balongan Beroperasi Normal

AMAN. Kilang Pertamina Balongan tidak terdampak kebakaran tangki di area ITB. FOTO: ISTIMEWA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID - Tim pemadam Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan dikerahkan menanggulangi kebakaran tangki penampung bahan bakar minyak (BBM) pada Rabu (7/9) tengah malam hingga Kamis (8/9) dini hari. Adapun pengolahan minyak mentah dipastikan tidak terdampak kejadian tersebut dan tetap beroperasi normal.

Dijelaskan Area Manager Communication, Relation and CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan, Imam Rismanto, insiden pada salah satu fasilitas Pertamina di Balongan bukan terjadi di Kilang Pertamina RU VI Balongan. Kejadian tersebut pada fasilitas milik Integrated Interminal Balongan (ITB) di bawah PT Pertamina Patra Niaga. "Kejadiannya bukan di kilang, tapi di ITB," terangnya.

Ia menegaskan, insiden yang terjadi pada Tangki T.107 milik Integrated Terminal Balongan tersebut tidak berdampak terhadap operasional Kilang Pertamina RU VI Balongan. Meski demikian, pihaknya mengerahkan tim pemadam untuk membantu penanganan yang terjadi di ITB.

"Tadi malam kami (RU VI, red) juga turut menurunkan bantuan untuk penanganan IT Balongan, ada 1 unit mobil pemadam beserta 9 personel yang kami turunkan," ungkapnya.

BACA JUGA:Tangki ITB Terbakar, Distribusi Dipastikan Tidak Terganggu

Disampaikan Imam, Kilang Pertamina RU VI Balongan tetap beroperasi normal dan dalam kondisi aman. Bahkan aktivitas pengolahan minyak mentah menjadi produk BBM maupun Non BBM berjalan lancar. Sehingga sampai saat ini masih bisa memenuhi kebutuhan energi dalam negeri, khususnya untuk menyokong kebutuhan Ibu Kota DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat.

"Kilang RU VI saat ini kondisinya aman, beroperasi normal tanpa kendala, stok BBM juga aman untuk kebutuhan masyarakat," tandasnya.

Sumber: