Batik Tulis Complongan Resmi Dipatenkan

Batik Tulis Complongan Resmi Dipatenkan

PEMERIKSAAN. Tim Pemeriksaan Substantif untuk Indikasi Geografis Kemenkum-HAM bersama Kemenperin mendatangi sentra batik Complongan Indramayu. Istilah Complongan berasal dari bahasa Indramayu yang artinya melubangi. FOTO: DOKUMEN/RAKYAT CIREBON--

“Batik complongan itu jenis batik yang mempunyai karakteristik yang unik, karena digarap atau dikerjakan oleh para pengrajin menggunakan alat tradisional. Jadi bekas jarumnya itu akan terisi oleh warna batik dan memang mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan batik lainnya. Sehingga sangat bernilai sekali untuk menarik pengrajin menggeluti batik Complongan,” kata dia.

BACA JUGA:Kecewa Kinerja Bupati, Desak DPRD Gunakan Hak Angket

Jahirin menyebutkan, proses pengerjaan batik tulis Complongan Indramayu sangat tradisional, karena dalam pembuatan satu jenis batik membutuhkan waktu pengerjaan hingga enam hari. Sedangkan jumlah keseluruhan motif batik Complongan sebanyak 142 motif, dan 50 diantaranya sudah terdaftar hak cipta.

“Wajar jika satu jenis motif batik tulis complongan nilainya sangat berbeda dibandingkan batik lainnya, karena dilihat dari proses pembuatannya yang masih tradisional dan alami sebagai warisan leluhur,” pungkasnya.

Sumber: