BPN Kuningan Target 90 Ribu Sertifikat PTSL Tuntas Akhir Desember 2022

BPN Kuningan Target 90 Ribu Sertifikat PTSL Tuntas Akhir Desember 2022

PENYEMATAN. Kepala BPN Kabupaten Kuningan, Surahman menyematkan tanda kehormatan Satyalancana kepada ASN. FOTO: ALEHANDRO MALIK/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kuningan, memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) Tahun 2022, serta Hari Ulang Tahun ke-62 Undang-undang Pokok Agraria (UUPA). Upacara  dipimpin Kepala BPN Kuningan Surahman di halaman kantor setempat, Senin (26/9).

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang tahun 2022, mengusung tema “Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Cepat, Berkualitas dan Tangguh”.

Kepala BPN Kuningan Surahman membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang, yang mengingatkan tugas yang diberikan presiden untuk melaksanakan percepatan pendaftaran tanah, melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Penyelesaian sengketa dan Konflik pertanahan dengan Reforma Agraria, serta Pemberantasan Mafia Tanah, dan dukungan percepatan pembangunan IKN.

“Untuk program PTSL, Kuningan mendapat tugas penyelesaian sertifikasi tanah 90 ribu unit. Jumlah tersebut setelah mendapat penambahan 15 ribu PTSL dari sebelumnya 75 ribu, kami optimis program PTSL ini selesai pada bulan Desember,” terangnya.

Ditambahkan Surahman, BPN Kuningan beserta jajarannya telah melaksanakan percepatan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Tujuannya, mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan, penanganan masalah, dan data base dalam upaya memberikan layanan kepada masyarakat yang transparan, cepat, efektif dan efisien.

"Guna mencegah terjadinya praktik mafia tanah, kami membangun inovasi pelayanan berbasis digital. Aplikasi dapat diakses oleh seluruh masyarakat," ujarnya.

Dalam rangka percepatan PTSL, pihaknya mengajak Pemerintah Kabupaten Kuningan, untuk menyukseskan program ini dengan membantu masyarakat yang kurang mampu.

"Dengan semangat Hari Ulang Tahun ke-62 HANTARU, tantangan dan rintangan dihadapi demi tercapainya tujuan berkeadilan dalam bidang pertanahan. Mari bersama selesaikan percepatan pendaftaran tanah melalui PTSL, mari selesaikan sengketa dan konflik pertanahan," imbaunya.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang bekerja keras menyukseskan langkah strategis Kementerian ATR/BPN. Semoga dengan momentum Hari Agraria dan Tata Ruang kita wujudkan kepentingan masyarakat.

Pada acara tersebut, Kepala BPN Kuningan Surahman melakukan penyematan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 10 dan 30 Tahun kepada ASN dilingkungan Kantor BPN Kuningan atas dedikasi pengabdiannya kepada negara.(ale)

Sumber: