IAIN Cirebon Undang Dosen dan Mahasiswa Malaysia

IAIN Cirebon Undang Dosen dan Mahasiswa Malaysia

--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Memorandum of Understanding  (MoU) dengan Universiti Islam Antarbangsa Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah (UniSHAMS) Malaysia. Penjalinan kesepakatan kerja sama digelar secara vertual melalui zoom meeting, Rabu (28/9).

Kegiatan tersebut dihadiri  unsur pimpinan masing-masing perguruan.  Fokus kerja sama mengarah pada penguatan keilmuan keislaman sekaligus penjajagan kerja sama pertukaran mahasiswa maupun dosen.

Vice Chancellor UniSHAMS Malaysia, Prof Dr Asmadi Bin Mohamed Naim dalam sambutannya mengatakan, penadatanganan MoU tersebut merupakan inisiatif bersama.

Menurutnya, UniSHAMS merupakan universitas milik Kerajaan Negeri Kedah. Ada  42 pilihan program. Misalnya Islam, pengurusan keuangan Islam, dan perobatan.

"UniSHAMS yang senantiasa berusaha memprakarsakan dan memperkuatkan upaya  dalam bidang akademik, penyelidikan, dan khidmad masyarakat. UniSHAMS juga telah membuat inisiatif dengan beberapa kajian-kajian dengan pihak-pihak lain, dalam hal ini berharap bisa mengadakan MoU dangan IAIN Syekh Nurjatia Cirebon, Indonesia," kata Prof Asmadi dalam bahasa melayu.

Dia berharap dengan MoU tersebut bisa menjadi jembatan kerja sama di level lebih teknis antara UniSHAMS dan IAIN Cirebon. "Berharap pendorong dimasa yang akan datang dengan kegiatan-kegiatan kerjasama seperti pertukaran antar pelajar, pertukaran dosen, kegiatan merger pegawai dan kegiatan kajian-kajian lainnya," jelasnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon melalui Wakil Rektor III, Dr H Ilman Nafi’a MAg menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan MoU tersebut. Ilman berharap kegiatan MoU tersebut bukan hanya bersifat normatif tapi bisa dilaksanakan dalam berbagai kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Dengan berkolaborasi dengan perguruan tinggi yang memiliki kepentingan yang sama yakni terkait pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan lembaga-lembaga pendidikan maupun lembaga lainnya baik di luar maupun di dalam negeri. 

"Saya berharap, dengan kegiatan tersebut bisa dilaksanakan, ditindak lanjuti dengan berbagai kegiatan yang lebih kongrit," katanya. (wan)

Sumber: