Gubernur Baru Kenali 3 Penyebab Banjir Jakarta, Tidak Banyak Kata-kata

Gubernur Baru Kenali 3 Penyebab Banjir Jakarta, Tidak Banyak Kata-kata

Heru Budi Hartono--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Setelah resmi menjadi Gubernur baru DKI Jakarta, Heru Budi Hartono langsung tancap gas menangani banjir yang telah menjadi permasalahan paling serius di ibukota.

Tidak berbelit-belit, Pj Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, akan membuat strategi penanganan banjir berdasarkan penyebabnya. Menurut dia, ada tiga penyebab banjir di Jakarta, yaitu rob, hujan, dan banjir kiriman dari hulu.

Budi Hartono tidak banyak bicara. Namun, langsung mengambil tindakan. Seperti pada videonya yang beredar di jagat maya, dia memerintahkan jajarannya segera melakukan pengerukan sungai atau kanal agar dapat menampung air lebih banyak.

"Saya minta nanti harus dilakukan pengerukan-pengerukan saluran primer dan sekunder. Semua. Memperdalam lagi waduk-waduk yang sudah ada," ujar Budi Hartono, dilansir pada Selasa (18/10/2022).

Di Jakarta sebetulnya terdapat beberapa waduk. Namun, tidak dirawat dengan baik. Sehingga ketika volume air hujan meningkat, banjir langsung menerjang.

Budi Hartono juga menegaskan, akan mempercepat pembangunan waduk yang sementara dalam tahap pembangunan.

"Karena jamannya periode ini juga membangun beberapa waduk. Begitu juga, kadang kala di lahan-lahan TNI itu ada waduk loh. Yang di Mabes TNI, seperti di Halim itu kan ada waduk," ucapnya.

Untuk mengurangi banjir, menurut Budi Hartono harus melakukan perawatan terhadap waduk tersebut. Sehingga airnya tidak keluar. Kecil, tapi berdampak positif.

Kehadiran Budi Hartono digadang bisa menjadi jawaban dari banyaknya persoalan di Jakarta. Khususnya banjir. Apalagi di penghujung tahun, diperkirakan hujan akan semakin intens. (Muhsin/fajar/rakcer)

Sumber: