5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Fungsi Ginjal Menuruun, yang Ke 5 Dirasakan Tengah Malam

5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Fungsi Ginjal Menuruun, yang Ke 5 Dirasakan Tengah Malam

--

RAKYATCIREBON.ID, SETIAP orang pasti memiliki kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. Kebiasaan baik jika selalu dijalankan akan membuat tubuh selalu sehat. Namun, jika Anda selalu melakukan kebiasaan buruk, maka kesehatan organ tubuh pasti akan menurun, seperti ginjal.

Ginjal bertanggung jawab untuk mengeluarkan produk limbah dari tubuh. Ketika datang ke ginjal kita, kebiasaan tertentu mungkin memengaruhi ginjal tanpa sepengetahuan kita dan beberapa sangat populer sehingga sangat penting untuk tidak mengulanginya.

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.ng.

1. Sering menggunakan obat penghilang rasa sakit

Sering menggunakan obat penghilang rasa sakit bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Obat Antiinflamasi Non Steroid (NSAID) seperti Ibuprofen dan Tramadol bisa merusak ginjal Anda jika kamu menggunakannya untuk waktu yang lama. Mereka yang menderita radang sendi atau penyakit apa pun dengan rasa sakit yang terus-menerus berisiko mengalami komplikasi ginjal. 

Ditemukan bahwa satu hingga tiga persen orang dengan gagal ginjal kronis mendapatkannya dari obat penghilang rasa sakit. Obat penghilang rasa sakit juga mengurangi jumlah darah yang mengalir ke ginjal.

 

2. Asupan gula berlebih

Kebiasaan buruk lainnya ialah mengonsumsi gula secara berlebihan. Gula merusak ginjal Anda. Asupan gula berlebih menyebabkan obesitas dan diabetes. Nah, diabetes secara langsung terkait dengan masalah ginjal. Jika tubuh tidak menghasilkan cukup insulin, gula menumpuk dalam darah dan menyebabkan penyakit ginjal.

 

3. Mengonsumsi terlalu banyak garam

Makanan asin dan makanan ringan yang diproses sangat buruk bagi ginjal Anda. Garam dan natrium meningkatkan retensi air dan meningkatkan aliran darah ke ginjal Anda yang menyebabkan tekanan darah kamu meningkat dan memengaruhi fungsi ginjal. Asupan garam yang berlebihan menyebabkan hipertrofi (pembengkakan), fibrosis dan batu ginjal.

 

4. Asupan alkohol berlebih

Sumber: