Gerindra Mulai Bergerak, Mengaku Sudah Siapkan Strategi Jelang Pemilu

Gerindra Mulai Bergerak, Mengaku Sudah Siapkan Strategi Jelang Pemilu

--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Partai Gerindra sebagai pemenang Pemilu 2019 di Kota Cirebon, mulai unjuk kekuatan mempersiapkan diri menyongsong tahun politik.

Diawali dengan membuka penjaringan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), Gerindra mengundang masyarakat Kota Cirebon, untuk bergabung dan berjuang dengan parpol besutan Prabowo Subianto tersebut pada Pileg 2024 mendatang.

Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Gerindra Kota Cirebon, Romy Arief Hidajat menjelaskan, akan ada aturan main yang diterapkan pada penjaringan nanti.

Gerindra akan membuka pendaftaran hanya selama satu bulan, yakni dimulai tanggal 1 sampai 30 November 2022.

"Ada hotline layanan. Kantor DPC kita buka sebagai sentra pendaftaran bacaleg," ungkap Romy.

Dijelaskan Romy, Gerindra membatasi waktu pendaftaran hanya satu bulan. Karena beberapa hal, di antaranya ada beberapa deadline yang diberikan, baik dari struktur partai di tingkat DPP ataupun dari pihak penyelenggara pemilu.

"Karena kita ada deadline yang harus kita siapkan. Baik dari DPP maupun dari KPU. Kita batasi waktu. Tapi pendaftar kita buka seluas-luasnya," jelas Romy.

Pendaftaran bacaleg dibuka seluas-luasnya, dengan beberapa syarat utama. Yakni pendaftar harus siap ber-KTA Partai Gerindra dan mendukung Prabowo Subianto.

Setelah 30 hari dibuka, lanjut Romy, pendaftar akan mengikuti serangkaian tahapan selanjutnya. Tahap seleksi yang sampai saat ini ketentuan-ketentuannya masih menunggu arahan dari DPP Partai Gerindra.

Dan mengenai skema dapil yang diterapkan pada penjaringan, disebutkan Romy, pihak Bapilu tidak menetapkan skema tertentu. Sehingga berapa pun keputusan KPU soal dapil, Gerindra siap dengan simulasi-simulasi yang sudah dilakukan.

"Kami sudah simulasikan strategi untuk berapapun dapilnya. Nanti ada tahapannya. Syarat utama, siap ber-KTA Gerindra dan tegas mendukung Prabowo presiden. Secara internal, kami sudah inventarisir. Tapi tetap harus mengikuti ketentuan di Bapilu. Setelah itu baru dipetakan," lanjutnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cirebon, H Eman Sulaeman mengatakan, meskipun tidak seawal parpol lain dalam membuka penjaringan bacaleg, namun tidak ada kata terlambat, selama tahapan masih panjang.

"Tidak ada kata terlambat. Karena kita tahu, parpol lain sudah start lebih dulu. Tapi kami sudah persiapkan dengan matang. Kita diinstruksikan partai untuk silent dulu dan melakukan persiapan dengan matang," ungkapnya.

Ditanya mengenai tokoh-tokoh yang sudah membuka komunikasi dengan pihaknya, baik secara personal maupun kepartaian, disebutkan H Eman, sudah banyak sosok yang berkomunikasi dengannya dan menyatakan berniat maju melalui Gerindra.

Tokoh yang dimaksud tersebut, sedikit dibocorkan H Eman, berasal dari berbagai background. Mulai dari ASN yang akan segera mengakhiri masa kerjanya, tokoh pemuda, bahkan sampai tokoh sentral yang saat ini masih berseragam parpol lain.

"Sudah ada beberapa yang komunikasi langsung ke saya. Tapi tetap mekanismenya diarahkan ke bapilu," ujar H Eman.

Pembukaan penjaringan bacaleg ini, akan menjadi start awal bagi Gerindra untuk mempertahankan kemenangannya pada Pemilu 2024 mendatang.

Bahkan, target-target strategis sudah ditetapkan, dan menjadi tugas berat seluruh kader untuk kembali menjaga asa Gerindra meraih suara tertinggi di Kota Cirebon.

"Target kita, kalau 3 dapil, bisa 9. Masing-masing dapil target nambah 1 kursi. Kalau 5 atau 4 dapil, minimal 7 kursi harus kita raih. Yang jelas, kita punya target grafik kita naik. Saya yakin temen-temen punya semangat baru," imbuh H Eman. (sep)

Sumber: