Makin Diterima Oleh Pendukung Jokowi, Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Makin Diterima Oleh Pendukung Jokowi, Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Prabowo Subianto dan Joko Widodo--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Jelang tahun politik, tokoh hingga partai politik mulai pasang kuda-kuda guna meningkatkan elektabilitas mereka.

Survei Indostrategi ini dilakukan pada 27 Oktober hingga 5 November dengan metode multistage random sampling. Ada 1.230 responden dengan kriteria penduduk Indonesia di atas 17 tahun atau yang memiliki KTP.

Direktur Eksekutif Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengurai, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kian sulit dibendung oleh calon lawannya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Prabowo meraih elektabilitas tertinggi dalam bursa calon presiden 2024 dengan skor 31,8 persen.

Sementara tingkat elektabilitas tertinggi kedua dalam simulasi terbuka atau top of mind ditempati oleh Ganjar Pranowo sebesar 20,5 persen, disusul oleh Anies Baswedan dengan skor 13,2 persen.

Arif Nurul Imam menilai dengan elektabilitas Prabowo yang meyakinkan di posisi puncak tersebut, maka kekhawatiran publik akan turunnya elektabilitas Prabowo pascamemilih sikap politik untuk membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua ternyata tidak terbukti.

"Tampaknya dugaan akan terjadi penurunan elektabilitas Prabowo sebagai dampak bergabungnya ia ke dalam pemerintahan Jokowi tidak terjadi," jelasnya dalam rilis survei di Jakarta, Senin 7 November 2022.

Arief melanjutkan, bahkan jika melihat dari fenomena yang ada dan berdasarkan data survei yang ia rilis tersebut, mayoritas pendukung Jokowi di Pilpres 2019 lalu ternyata memberikan apresiasi tersendiri kepada sosok Prabowo.

"Selain sikapnya didukung oleh sebagian besar pemilihnya di 2019, sikap Prabowo tersebut juga diapresiasi oleh kebanyakan pemilih Jokowi," terangnya.

Terlebih di berbagai kesempatan Jokowi kerap memberikan apresiasi kepada Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI, sehingga fenomena tersebut berpengaruh terhadap potensi elektabilitas Prabowo di mata rakyat Indonesia.

"Apalagi terakhir pada acara Indodefense 2022, Jokowi menyatakan dukungannya terhadap Prabowo dan sering bertemu dan berdiskusi menuai efek positif terhadap keterpilihan Prabowo," kata Arif.

Sebelumnya Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan, jika diamanahkan memimpin republik ini, Prabowo akan melanjutkan program-program yang telah dicanangkan Presiden Jokowi.

Menurut Muzani, Prabowo merasa apa yang dilakukan oleh Jokowi bagian dari investasi untuk masa depan bangsa.

Infrastruktur jalan tol, bendungan, bandara, pengolahan air bersih, transportasi penghubung antar pulau, kawasan industri, pembangunan desa, kereta cepat, hingga melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara.

"Ini yang menurut kami harus dilanjutkan. Dan, dimaksimalkan karena negara sudah memberi investasi yang cukup besar," ucap Muzani di Makassar sesaat lalu. (Muhsin/fajar/rakcer)

Sumber: